TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Alasan Drama Korea Strong Woman Do Bong Soon Bikin Kita Belajar Soal Kesetaraan Gender

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Selasa, 28 Maret 2017

foto: dramafever.com

Strong Woman Do Bong Soon Jadi salah satu drama Korea paling seru yang lagi rame diomongin, nih. Ceritanya memang unik dan beda dengan cerita lain yang sudah ada. Yaitu soal cewek yang sekilas terlihat biasa-biasa saja tapi ternyata punya kekuatan super. Drama ini pun memecahkan rekor sebagai drama dengan rating tertinggi di stasiun TV JTBC. Enggak cuma menghibur, kita juga mendapat banyak info baru dari drama ini, salah satunya soal kesetaraan gender. Berikut 5 alasan drama Korea Strong Woman Do Bong Soon bikin kita belajar soal kesetaraan gender.

 

Lihat di sini sifat cewek keren dari Strong Woman Do Bong Soon yang bisa kita contek.

 

Peran Gender yang Berbeda

Kalau biasanya cowok yang melindungi cewek, maka hal itu berbalik di drama ini. Soalnya, Do Bong Sun yang menjadi bodyguard buat Ahn Min Hyuk, seorang CEO perusahaan game. Hal ini menjadi bukti kalau cewek enggak selamanya harus dilindungi. Cewek juga bisa kok melindungi cowok. Contohnya Do Bong Soon, yang dengan kekuatannya, memastikan agar Ahn Min Hyuk selalu selamat.

 

Melawan Stereotype

Di Korea sendiri ada stereotype kalau cewek itu harus cute dan feminin. Namun Do Bong Soon malah sebaliknya, yaitu memiliki kekuatan super yang bisa digunakan untuk menolong banyak orang. Di sinilah terletak kebimbangan Do Bong Soon, antara menjadi diri sendiri dan memanfaatkan kekuatannya atau takluk kepada stereotype yang diberikan masyakat kepadanya. Pada akhirnya, Do Bong Soon memilih untuk menjadi dirinya sendiri tapi kalau dilihat dia tetap cute, kok. Dan inilah keunikan Do Bong Soon yang membuat dia terlihat makin keren.

 

Dari posternya sendiri, hal ini juga diperlihatkan dengan jelas. Misalnya di poster Park Bo Young yang berperan sebagai Do Bong Soon, tertulis ‘What’s womanly?’ dan di poster Park Hyung Shik yang berperan sebagai Ahn Min Hyuk tertulis ‘What’s manly?’

 

Budaya Patriarki

Tema seperti ini termasuk jarang diangkat di drama Korea. Soalnya, Korea sendiri memiliki budaya patriarki, di mana cewek dan cowok diharapkan bertindak dalam cara-cara tertentu dan mengisi peran tertentu dalam sistem masyarakat. Namun, perlahan-lahan di sana sudah mulai bergerak soal kesetaraan gender. Salah satunya lewat drama ini.

 

Namun, di drama ini juga digambarkan soal kebimbangan Do Bong Soon. Meski dia punya kekuatan suiper, dia harus menyembunyikannya karena enggak sesuai dengan pandangan masyarakat yang menolak kehadiran cewek kuat. Bahkan, gebetannya sendiri berasumsi kalau Do Bong Soon masih butuh perlindungan.

5 alasan drama Korea Strong Woman Do Bong Soon bikin kita belajar soal kesetaraan gender.
foto: soompi.com

Enggak Menyerah

Walaupun masyarakat menentang keberadaan cewek seperti dia, akhirnya Do Bong Soon enggak menyerah. Dia pun memanfaatkan kekuatan supernya ini untuk hal baik. Karena, inilah yang seharusnya dilakukan oleh seorang cewek, enggak peduli dengan omongan orang lain.

 

“Pesan paling utama yang ingin disampaikan oleh drama ini adalah dengan menunjukkan kepadamu bagaimana Do Bong Soon menyadari kekuatan spesial yang dimilikinya merupakan sesuatu yang enggak perlu disembunyikan. Melainkan melihatnya sebagai sebuah berkah dan dengan begitu, dia bisa mencintai dirinya sendiri,” ungkap Jung Duk Hyun, seorang kritikus budaya, seperti dikutip dari DramaFever.

 

Menentang Diskriminasi

“Untuk itu, drama ini memiliki tujuan menentang diskriminasi dan anggapan soal peran gender di masyarakat. Drama ini secara terang-terangan bertanya kepada masyarakat apa salahnya dengan perempuan kuat,” lanjut Jung Duk Hyun. Jadi makin penasaran nih pengin menonton kelanjutan Strong Woman Do Bong Soon.

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v