Grid.ID Networks | Kamis, 17 Agustus 2017 | SIGN IN | SIGN UP

5 Hal Tentang Latte Factors, Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Uang Jajan Cepat Habis

  • Kamis, 2 Februari 2017 18:00 WIB

Foto: afterellen.com

Rasanya baru kemarin dapat uang jajan bulanan, tapi kok sudah habis aja, ya? Hmm… kira-kira uang jajan kita ke mana aja, nih? Coba, deh, perhatikan lagi pengeluaran kita. Jangan-jangan tanpa sadari kita sering membelanjakan uang untuk barang atau makanan tertentu yang sebenarnya enggak penting-penting banget. Hal ini disebut dengan istilah Latte Factors. Berikut 5 hal tentang Latte Factors, kebiasaan yang tanpa disadari bikin uang jajan cepat habis.

 

Apa Itu Latte Factors?

Sebenarnya apa, sih, Latter Factors itu? Latte Factors merupakan pengeluaran kecil yang dikeluarkan berkali-kali tanpa kita sadari. Seringnya apa yang dibeli enggak terlalu penting tapi rutin dilakukan. Istilah ini pertama kali diungkapkan oleh David Bach, karena kebiasaannya membeli Latte setiap hari.

 

Apa Saja Latte Factors Itu?

Bagi setiap orang, Latte Factors itu bisa bermacam-macam. Misalnya transportasi online yang kita pakai setiap hari, hobi nongkrong di coffee shop seminggu beberapa kali, biaya antar bank yang ditarik ketika kita mengambil uang di ATM bank lain, nongkrong di café, dan lainnya.

 

Mungkin kita berpikir, makanan atau pakaian yang dibeli kan penting? Hal ini benar, kok, tapi kalau jumlahnya banyak, itu bisa termasuk ke Latte Factors. Misalnya, kita enggak harus selalu beli baju atau sepatu setiap bulan. Alih-alih pakai transportasi online, kita bisa memakai transportasi umum yang lebih murah, kecuali kalau terdesak, dan enggak harus nongkrong beberapa minggu sekali atau ngopi beberapa minggu sekali juga, kan?

 

Reporter : Ifnur Hikmah
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×