Grid Networks | Jumat, 20 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

5 Hal yang Perlu Cowok Tahu Soal Kekerasan & Pelecehan Seksual

  • Jumat, 6 April 2018 17:00 WIB

Cowok wajib tahu! | foto: Soompi

Sejak viral gerakan #MeeToo, kita jadi lebih sering mengangkat tema soal kekerasan atau pelecehan seksual dalam obrolan sehari-hari. Bisa dibilang, gerakan ini berhasil karena orang-orang jadi semakin sadar dan peduli.

Sayangnya, remaja-remaja kebanyakan maish belum memahami batas-batas yang dinamakan sebagai kekerasan/pelecehan seksual atau bukan. Nah, biar kita enggak bingung, tentang batasan-batasan tersebut. Simak kulasan tentang hal-hal yang merupakan kekerasan/pelecehan seksual yang perlu diketahui oleh cowok. So, kalau kamu punya pacar, teman, atau pun saudara cowok, jangan lupa kasih tahu mereka soal hal ini, ya!

(Baca juga: Hubungan Cinta Kadang Memang Enggak Sempurna, Karena Hidup Ini Memang Enggak Sempurna)

Consent

Cowok perlu tahu ketika cewek mengatakan ‘iya’ maka artinya ‘iya’. Jika cewek enggak bisa memberikan persetujuan, maka cowok juga enggak berhak untuk memaksakan kehendaknya. Dan bukan berarti ketika cewek enggak mengatakan apa-apa, maka dia mengizinkan.

Hal ini biasanya sering terjadi dalam beberapa kasus dalam pacaran. Misalnya ajakan cowok yang meminta berhubungan seksual. Ketika si cewek enggak bilang ‘iya’ atau secara terang-terangan bilang ‘enggak’, maka cowok enggak boleh tetap memaksa ceweknya untuk melakukan hubungan seksual.

Tahu Batasan

Katakankanlah ada cewek yang mengundang cowok ke rumahnya. Bukan berarti cewek itu mengizinkan si cowok buat masuk ke ruangan yang lain, seperti kamar tidurnya. Batasan-batasan seperti ini perlu diketahui buat semua cowok.

(Baca juga: 6 Sikap Cowok Yang Tanpa Kita Sadari Ternyata Merendahkan Cewek)

Cara Memperlakukan dengan Baik

Reporter : Indra Pramesti
Editor : Indra Pramesti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×