Grid Networks | Rabu, 17 Januari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

5 Kelainan Pada Puting Payudara yang Wajib Kita Waspadai

  • Selasa, 26 Desember 2017 09:00 WIB

Wajib waspada! | (foto: esquire)

Setiap anggota tubuh kita, termasuk payudara punya bentuk yang berbeda-beda. Begitu juga dengan bentuk puting payudara yang bentuk dan warnanya berbeda-beda.

Tapi kalau sudah terjadi seperti kelainan di bawah ini, kita wajib waspada, ya. Jika sudah merasa enggak aman, lebih baik segera periksakan ke dokter.

Ini 5 kelainan pada puting payudara yang wajib kita waspadai. Harus tahu!

Puting payudara masuk ke dalam

Pada umumnya, puting payudara pada perempuan itu menonjol ke luar. Tapi untuk beberapa orang, puting payudaranya enggak menonjol alias masuk ke dalam.

Dilansir dari Hello Sehat, sebuah studi menunjukkan sekitar 10% perempuan punya puting susu yang enggak menonjol (inverted nipple).

Sebenarnya kalau kita punya puting seperti ini dari lahir enggak masalah, tapi kalau tadinya puting kita menonjol ke luar lalu jadi masuk ke dalam, hal tersebut yang wajib diwaspadai. Kelainan ini bisa jadi indikasi terjangkit penyakit kanker.

(Baca juga: Yuk, Lakukan 8 Hal Ini untuk Menurunkan Risiko Kanker Payudara Sejak Dini!)

Nipple discharge

undefined
(foto: looksgud.in)

Nipple discharge adalah keluarnya cairan yang abnormal pada salah satu atau kedua puting payudara. Umumnya, kelainan ini jarang terjadi pada perempuan yang belum pernah hamil.

Reporter : Debora Gracia
Editor : Debora Gracia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×