TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Kemampuan yang Wajib Pelajar SMA Kuasai Sebelum Jadi Mahasiswa

  • Natasha Erika
  • Posted on : Sabtu, 4 Maret 2017

5 Kemampuan Yang Wajib Pelajar SMA Kuasai Sebelum Jadi Mahasiswa

Pola belajar ketika duduk di bangku SMA mungkin enggak terlalu berbeda sama pola belajar waktu di SMP. Tapi, kalau nanti kita bakal jadi mahasiswa, pola belajarnya bakal berbeda banget, girls. Nah, untuk membekali kita siap jadi mahasiswa, kita butuh mengasah beberapa kemampuan ini. Apa saja 5 kemampuan yang wajib pelajar SMA kuasai sebelum jadi mahasiswa?

 

Baca juga: Bedanya Pacaran Pelajar SMA dengan Mahasiswa

 

1. Membuat catatan sendiri

(foto: huffingtonpost.com)

Mulai dari sekarang, kita harus mulai aktif membuat catatan pelajaran walau enggak disuruh mencatat sama guru. Soalnya, saat duduk di bangku kuliah nanti, kita bakal berhadapan dengan berbagai jenis dosen. Ada yang ngomongnya cepat, ada yang suka membagikan materi secara lisan daripada tertulis, dan sebagainya. Nah, agar bisa mengantisipasi hal tersebut, kita wajib punya kemampuan inisiatif membuat catatan sendiri. Coba mulai mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan topik pelajaran hari itu.

 

2. Lebih melek teknologi

(foto: npr.org)

Melek teknologi bukan berarti kita bisa mengakses Google atau social media saja, lho! Tapi juga mengulik aplikasi-aplikasi penting di komputer seperti Microsoft Office atau desain dan ilustrasi. Kita bakal lebih banyak menggunakan komputer ketika kuliah nanti seperti membuat makalah, presentasi, poster dan sebagainya. Makanya, mulai dari sekarang, kita mulai lebih mengulik komputer, yuk!

 

3. 'Nongkrong' di perpustakaan

(foto: corinetan.wordpress.com)

Pelajar SMA seperti kita mungkin jarang banget mondar-mandir ke perpustakaan. Tapi, saat kita jadi mahasiswa nanti kita bakal sering banget keluar masuk perpustakaan. Mulai dari mencari buku pustaka sampai data-data penelitian dan sebagainya. Jangan sampai pas kuliah nanti kita enggak ngerti peraturan perpustakaan atau cara meminjam buku. He-he-he.

 

 

Baca juga: 10 Kebiasaan Belajar Yang Kita Rasakan Ketika Jadi Mahasiswa

 

4. Aktif di kelas

(foto: blog.goennounce.com)

Kalau kita enggak aktif ketika kelas di tempat kuliah nanti, kita bakal ketinggalan pengetahuan. Bisa jadi, kita bakal susah mengerjakan ujian di akhir semester. Nah, sikap aktif di kelas bisa kita pupuk mulai dari sekarang dengan lebih rajin bertanya ketika ada topik yang kurang dimengerti. Atau, lebih rajin menjawab ketika ada pertanyaan dari guru. Sikap aktif ini bisa membuat kita lebih mengerti pelajaran. Mungkin, kita enggak perlu banyak menghafal ketika ujian nanti.

 

5. Hobi baca berita

(foto: gifsec.com)

Update sama berita-berita terkini itu penting banget ketika jadi mahasiswa. Pertama, hal tersebut menambah dan memperkaya wawasan. Kedua, enggak jarang dosen kuliah melemparkan pertanyaan atau soal ujian studi kasus yang berkaitan dengan isu-isu masa kini mulai dari politik, ekonomi, budaya dan sebagainya. Kalau kita dari duduk di bangku SMA udah terbiasa rajin mengikuti berita, dijamin kita bakal bisa melalui masa perkuliahan dengan sukses! He-he-he.

 

Baca juga: Begini Jadinya Kisah Dongeng Kalau 7 Putri Disney Ini Jadi Mahasiswa

 

Nah, kalau kamu sendiri yang sudah mahasiswa atau calon mahasiswa, maunya jadi mahasiswa kayak gimana sih? Yang aktif di organisasi kampus alias mahasiswa kura-kura? Atau yang lebih suka nangkring di kampus doang alias kunang-kunang? Atau justru mungkin suka nya langsung pulang aja deh sehabis kuliah alias kupu-kupu? Nah semua tipe mahasiswa pasti punya untuk dan ruginya. Tapi kalau kita lebih aktif di organisasi kampus seperti UKM atau BEM/Senat, akan banyak banget keuntungan yang kita dapatkan, lho. Khususnya mengasah skill juga memperluas link untuk di dunia kerja nanti. Enggak percaya? Cek aja deh langsung involve Cewekbanget.Id tentang gimana seru dan untungnya jadi mahasiswa kura-kura yang aktif di kampus, di sini.

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v