Grid Networks | Minggu, 27 Mei 2018 | SIGN IN | SIGN UP

5 Manfaat yang Kita Dapatkan dari Meditasi untuk Kesehatan Mental

  • Kamis, 17 Mei 2018 12:45 WIB

Wajib dicoba, nih! | foto: Starcast Dispatch

Selain kesehatan fisik, kita juga perlu peduli sama kesehatan mental. Apalagi kalau kita kerap disibukkan dengan banyak aktivitas yang akhrinya memicu munculnya rasa stres dan tertekan.

Salah satu kegiatan yang bisa bikin kesehatan mental kita terjaga dan membuat pikiran lebih tenang dan rileks adalah meditasi. Sebenarnya apa sih manfaat yang bisa kita peroleh dengan meditasi? Yuk, disimak!

(Baca juga: 5 Relationship Goals yang Seharusnya Kita Capai!)

Mengurangi stres

Stres seringkali bikin kita enggak bisa melakukan aktivitas yang kita kehendaki seperti biasanya. Bahkan enggak jarang ada yang sampai memicu anxiety.

Nah, kalau stres yang kita rasain udah bikin otak dan tubuh kita mulai tegang, maka kita memerlukan meditasi supaya jadi tenang dan rileks. Meditasi untuk mengurangi stres biasanya fokus mengatur pernapasan kita supaya lebih teratur. Caranya bisa dilakukan dengan berdiam diri (bisa dilakukan dengan bersila sambil memejamkan mata) kemudian atur pernapasan kita agar lebih rileks selama 10 menit.

Dengan melakukannya secara teratur, kita jadi bisa mengurangi stres dan merasa lebih bahagia.

Mengurangi penyakit pada tubuh karena syaraf yang tegang

Ada beberapa penyakit pada tubuh yang sering disebabkan karena syaraf yang tegang. Bahkan ada yang sampai menyebabkan kram, salah urat, kejang, hingga nyeri otot. Dengan melakukan meditasi, kita bisa merelaksasi otot-otot dan tegang pada syaraf.

Meningkatkan konsentrasi

Aktivitas sehari-hari kita seringkali bikin kita stres. Kadang kita berpikir terlalu berlebihan sehingga kurang beristirahat. Padahal seperi organ-organ tubuh lain, otak kita juga butuh istirahat supaya bisa bekerja secara maksimal.

Dengan melakukan meditasi, pikiran kita jadi diberi kesempatan untuk beristirahat. Rutinitas yang sama tiap hari kadang bikin konsentrasi kita menjadi berkurang. Sebaliknya, konsentrasi yang optimal bisa kita miliki dengan adanya energi dari meditasi. Meditasi juga bisa melatih otak kita untuk lebih fokus mengerjakan tugas dan mempercepat otak untuk memproses informasi.

(Baca juga: 9 Kesalahan Menggunakan Instagram yang Sering Kita Lakukan Saat Pacaran)

Tidur lebih nyenyak

Ada sebagian orang yang otaknya masih terus bekerja bahkan ketika tidur. Biasanya hal ini bisa terjadi karena kita enggak memiliki tidur yang nyenyak dan berkualitas. Ada juga yang memiliki insomnia dan mengakibatkan kurang tidur.

Nah, meditasi bisa memberi manfaat buat kita yang punya masalah dengan tidur. Sebagai bonusnya, tubuh kita juga bisa lebih rileks sehingga tidur bisa jadi nyenyak dan berkualitas.

Menurunkan tekanan darah tinggi

tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena banyak hal. Tapi salah satunya yang kerap menjadi alasan adalah tubuh dan pikiran yang stres. Jika enggak segera diatasi, tekanan darah tinggi bisa membuat jantung kesulitan memompa darah, sehingga bisa memicu masalah pada organ tersebut.

Dengan bermeditasi dan rutin mengatur napas dalam-dalam bisa mengaktifkan sistem syaraf parasimpatetik. Sistem ini bisa membuat tubuh menjadi rileks, memperlambat detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi enggak hanya turun saat kita melakukan meditasi, tetapi juga ketika kita melakukannya secara teratur. (Psych2go)

(Baca juga: Kenapa Kita Bisa Ketagihan Nonton Drama Atau Serial TV? Ini Jawabannya Menurut Ahli)

Reporter : Indra Pramesti
Editor : Indra Pramesti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×