TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

5 Tips Memilih Ransel Outdoor

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Selasa, 10 Januari 2017

7 Tips Memilih Ransel Outdoor. Foto: taranaki.id

Berkegiatan outdoor seperti hiking, trekking, island hopping, main ke pantai, atau sekedar jalan-jalan menjelajah kota memang lagi jadi hobi yang banyak diminati anak muda seperti kita. Nah, biar kegiatan ini berjalan lebih seru dan nyaman, tentunya kita perlu punya ransel outdoor yang mendukung, dong. Tapi mungkin kita masih suka bingung ya, mesti pilih ransel outdoor seperti apa? Nah, biar enggak bingung dan salah pilih, langsung aja kita simak 5 tips memilih ransel outdoor ini!

 

Baca juga: 10 Foto Ini Enggak Tersentuh Photoshop Sama Sekali, Begini Hasilnya

 

Jenis/bentuk ransel

Ransel umumnya memiliki bentuk lonjong (memanjang), lebarnya juga disesuaikan dengan lebar tubuh atau bahu orang pada umumnya sehingga nyaman digunakan. Bentuk ransel yang cenderung lonjong atau memanjang ini umumnya lebih nyaman untuk digunakan jalan-jalan. Yang pasti pilih yang terasa nyaman saat kita gunakan, jadi memang harus dicoba. Nyaman di punggung, bahu dan pinggang kita, biar enggak sakit badan kalau dipakai dalam waktu lama dan berisi beban yang cukup berat.

 

Untuk ransel jenis carrier, umumnya akan berbentuk lepih panjang daripada daily backpack. Kadang ada yang dilengkapi dengan rangka besi agar lebih nyaman saat digunakan dan memberikan ruang (ventilasi) antara punggung dan ransel, sehingga enggak mudah iritasi.

 

Kapasitas ransel

Kapasitas ransel ini harus kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Mau diapakai ke mana dan untuk apa? Kalau kita ke jenis orang yang hobi traveling enggak jauh-jauh amat, misalnya kayak weekend traveler yang hobi trekking, hiking atau jalan-jalan ke tempat-tempat yang dekat aja, atau jalan-jalan keliling kota yang hanya butuh 1-2 hari, berarti kita masih bisa memakai jenis daily backpacki atau ransel yang berkapasitas 30-40 liter. Beda lagi kalau kita misalnya mau traveling jauh untuk waktu lama atau sehingga mesti bawa banyak barang. Tentunya, tas ransel berjenis carrier besar dengan kapasitas 40-75 liter, harus kita pilih.

 

Sesuaikan dengan tubuh

Setelah tahu jenis dan ukuran atau kapasitas ransel yang diperlukan, selanjutnya kita perlu menyesuaikannya dengan ukuran tubuh kita. Untuk ransel kecil yang berukuran 30-40 atau daily backpack, mungkin lebih mudah disesuaikan karena enggak terlalu besar. Tapi untuk carrier berukuran besar, harus banget disesuaikan dengan ukuran tubuh, jangan sampai terlalu besar.  Sesuaikan ukuran panjang ransel dengan panjang torso kita, yaitu ukuran dari punduk (tengkuk leher) sampai pinggang. Usahakan enggak melebihi, agar nyaman, seimbang dan menghindari cedera. Selain itu sesuaikan juga dengan ukuran pinggang. Cek berapa maksimal ukuran pinggang yang bisa masuk, karena untuk carrier besar, pinggang dan punggung punya peranan penting menopang beban.

 

Baca juga: Angle Foto Saat Traveling yang Kece Untuk Di-Upload di Instagram Menurut Alexander Thian

 

Kualitas Ransel, Khususnya Tali Penyangga

Perhatikan kualitas bahan ransel dan pastikan jenis bahan yang digunakan kuat dan kalau bisa waterproof, atau minimal enggak mudah tembus air. Biasanya sih ransel outdoor akan dilengkapi coverbag yang akan melindungi tas dari hujan atau kalau diapakai ke daerah kotor dan basah. Pilih juga ransel dengan bahan oke tapi beratnya ringan.

 

Selain itu perhatikan juga kualitas tali pengangga bebannya (tali penggendong). Pilih yang lebarnya cukup dan dilapisi bantalan yang nyaman, sehingga enggak sakita saat kita pakai. Pastikan juga jahitannya terlihat kuat dan mantap, khususnya yang menyambungkan tali penyangga dengan bahan tas.  Untuk ransel jenis carrier, biasanya terdapat starp (tali ) tambahan di bagian dada dan pinggang. Hal ini digunakan untuk mengurangai beban pada punggung dan pundak. Pilih strap stenum (dada) yang enggak terlalu sempat dan untuk cewek terletak agak di atas dada atau payudara agar enggak sesak. Strap pinggang juga berfungsi menjaga keseimbangan carrier, khususnya untuk kuran besar.

 

Fitur tambahan

Fitur tambahan ini bisa jadi nilai plus yang penting banget. Sebuah tas outdoor biasanya memberikan beberapa fitur tambahan yang bikin si pengguna merasa lebih nyaman dan praktis saat menggunakannya. Misalnya kantong tambahan di bagian depan, samping  atau bawah yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang bisa diambil dengan mudah. Ada juga yang menyediakan cover bag, ruang untuk water bladder, saku di strap pundak atau pinggang, atau kantong tutup di bagian atas yang bisa dilepas-pasang.

 

Kode unik: #JIOKL98

 

Baca juga: 7 Lokasi di Indonesia yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Variety Show Korea

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×