TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

6 Mitos Kesehatan yang Berhubungan Sama Cuaca Dingin Saat Musim Hujan Ini Ternyata Cuma Hoax

  • Averina Lita
  • Posted on : Sabtu, 25 Februari 2017

6 Mitos Kesehatan yang Berhubungan Sama Cuaca Dingin Saat Musim Hujan Ini Ternyata Cuma Hoax. Foto: kjtamusings.wordpress.com

Hujan yang sering turun belakangan ini bikin kita jadi gampang kedingingan, meski enggak berada di ruangan ber-AC sekalipun. Mungkin ini juga yang bikin kita jadi gampang pilek. Tapi apa iya, cuaca dingin jadi penyebab tubuh kita rentan terserang flu? Supaya enggak makin salah paham, lebih baik kita cari tahu apa 6 mitos yang berhubungan sama cuaca dingin saat musim hujan ini beneran atau ternyata cuma hoax.

 

Cuaca dingin bikin gampang sakit

Cuaca dingin saat musim hujan seringkali dituduh jadi penyebab kita gampang masuk angin. Padahal sebenarnya yang menyebabkan flu bukan cuaca dingin, melainkan virus atau bakteri. Penyakit ini lebih banyak diderita orang-orang saat musim hujan karena virus flu cepat berkembang pada suhu yang lebih rendah. Kalau hidung kita kedinginan, pembuluh darah jadi mengerut dan menghambat respon kekebalan tubuh, memungkinkan virus berkembang biak dalam tubuh. Jadi selama daya tahan tubuh kita kuat melawan berbagai virus dan bakteri, kita akan sehat-sehat aja meski berada di cuaca dingin dalam waktu lama.

 

Rambut harus dikeringkan setelah keramas

Foto: buzzfeed.com
Foto: buzzfeed.com

Membiarkan atau terutama keluar rumah dalam keadaan rambut basah sehabis keramas seringkali dianggap sebagai penyebab flu. Ternyata ketakutan ini belum bisa dipastikan sama dokter maupun peneliti. Dokter Hugh Coyne dari Doctify malah menjelaskan kalau kita enggak akan masuk angin cuma karena pergi keluar rumah tanpa mengeringkan rambut.

 

Enggak boleh olahraga

Musim hujan memang bikin kita jadi lebih malas bergerak karena bawaannya pengin meringkuk di dalam selimut. Padahal sebenarnya kalau kita jogging, kecepatan lari kita justru bisa bertambah di musim hujan karena hormon endorfin dalam tubuh kita mengalami peningkatan, membuat kita jadi punya lebih banyak energi. Bonusnya, kita jadi tambah semangat menjalani hari deh. Asal jangan olahraga sambil hujan-hujanan atau cuma pakai baju yang tipis ya.

 

Klik halaman berikutnya untuk lihat mitos hoax soal kesehatan di musim hujan lainnya ya!

1 2

Penulis :

  • Averina Lita

  • Freelance writer for cewekbanget.id. An introvert who loves reading, watching, and working in a creative environment.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×