TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

6 Tips Menghasilkan Uang Dari Hobi Ngeblog

  • Ifnur Hikmah
  • Posted on : Rabu, 4 Mei 2016

Foto: hercampus.com

Sekarang, kita bisa menjadikan ngeblog sebagai profesi utama. Sudah banyak yang berhasil jadi full time blogger, lho. Entah itu beauty blogger, fashion blogger, food blogger, lifestyle blogger, travel blogger, dan lainnya. Jika kita pengin menjadi seorang full time blogger dan menghasilkan uang dari blog, hal ini bisa dimulai dari sekarang. Simak 6 tips menghasilkan uang dari hobi ngeblog berikut.

 

(Baca juga: cara mempromosikan hobi kita agar jadi uang)

 

Tema Sesuai Minat

Ngeblog merupakan komitmen jangka panjang. Karena itu, kita harus memperhatikan banget konten apa yang ingin kita sajikan. Jangan sampai kita ngeblog hanya berdasarkan apa yang sedang tren. Karena itu, kita bisa memulai dengan menulis hal yang sesuai dengan minat. Misalnya, kita suka fashion, sehingga kita bisa menjadi seorang fashion blogger. Kita suka masak, kita bisa jadi food blogger. Dengan ngeblog hal yang sesuai minat, kita akan terus bersemangat mengisi blog dengan tulisan-tulisan baru yang di-update secara berkala.

 

Konten Bermanfaat

Claradevi, seorang beauty blogger memberi tips yang bisa kita tiru untuk menghasilkan uang dari hobi ngeblog ini. Pada intinya, ini kembali lagi ke konten yang kita tawarkan. Salah satu cara untuk menarik viewers atau subscribers adalah dengan memberikan konten yang bermanfaat bagi orang banyak. “Buat konten yang bisa bikin orang tertarik untuk baca, misalnya kasih tips atau review,” jelas Claradevi.

 

Konsisten

Jessica Yamada, seorang fashion blogger, menyebutkan bahwa konsistensi itu penting banget. Kita harus punya jadwal teratur kapan akan meng-update isi blog. Misalnya, dua kali dalam seminggu. “Sehingga, pembaca akan tetap setia dan enggak akan kabur ke blog lain,” jelas Jess. Dan, hal ini juga mempengaruhi branding dari blog kita.

 

Jaga Hubungan Dengan Brand

Selain iklan di blog, sumber pendapatan kita bisa berasal dari sebuah brand yang bekerjasama. Misalnya, brand kosmetik A bekerjasama dengan kita untuk mereview produk mereka. Enggak jarang ada brand yang menjadikan blogger sebagai brand ambassador mereka. Karena itu, penting untuk menjaga hubungan baik dengan brand yang sesuai dengan konten blog kita.

 

Networking Online & Offline

Networking ini penting banget. Semakin luas jejaring pertemanan kita, semakin besar kesempatan untuk bekerjasama dengan pihak lain. Kita bisa menjalin networking secara online, seperti memanfaatkan media sosial. Isi media sosial juga sebiaknya disesuaikan dengan konten blog kita. Selain itu, kita juga bisa menjalin hubungan secara offline seperti blogger gathering atau launching produk tertentu.

 

Berhubungan Dengan Blogger Lain

Perputaran informasi berlangsung sangat cepat, sehingga bisa saja kita ketinggalan suatu informasi. Karena itu, kita bisa menjalin hubungan dengan blogger lain. Enggak mesti blogger yang memiliki konten blog sama dengan kita, melainkan bisa blogger mana aja. Sehingga, kita enggak perlu takut ketinggalan info deh, he-he.

 

(Foto: hercampus.com)

Penulis :

  • Ifnur Hikmah

  • Creative Writer untuk cewekbanget.id. Punya target membaca 100 buku dalam setahun.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v