TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

7 Cara Memaksimalkan Waktu

  • Muti Siahaan
  • Posted on : Kamis, 28 Januari 2016

7 Cara Memaksimalkan Waktu

Mau les, harus bikin pe-er, pengin jalan-jalan, duuuh punya banyak kegiatan tapi waktu 24 serasa enggak cukup. Akibatnya ada aja satu hal yang terlupakan atau enggak sempat kita kerjakan. Tapi sebenarnya ada 7  cara memaksimalkan waktu.

 

 

 

 

 

 

Bikin daftar

Ketika kita punya banyak rencana dan tugas, kita perlu bikin daftar mana yang harus lebih didahulukan. Ambil secarik kertas tulis semua hal yang harus dikerjakan.

Bikin tiga kolom. Kolom pertama untuk kegiatan yang harus didahulukan atau penting. Kolom dua untuk cukup penting, kolom ketiga tidak penting atau bisa kapan aja. Nah, dari situ kita bisa melihat mana yang harus kita lakukan duluan.

 

start earlier

Untuk hal dengan deadline tertentu, kita bisa mulai mencicil sedikit demi sedikit sebelum deadline. Misalnya, proyek bikin buku tahunan untuk dua bulan lagi. Kumpulkan semua bahannya secara perlahan dari sekarang. Begitu juga halnya dengan PR. Kalau ada tiga PR untuk minggu depan, kerjakan dari sekarang. Dengan mencicil pekerjaan, begitu hari H-nya tiba kita enggak panik karena sebagian sudah terselesaikan.

 

hargai waktu

Pernah, enggak, kita janjian sama teman tapi terlambat setengah jam? Kebiasaan terlambat ini membuat waktu yang kita punya jadi maksimal, karena misalnya, kelamaan saling menunggu. Dan ini akan berpengaruh pada janjian atau aktivitas berikutnya. Jadi sebaiknya kalau janji datang jam dua, tepat datang pada jam segitu.

 

 

 

jangan ambisius

Jadi cewek aktif itu penting, tapi kita tetap harus mengukur kemampuan diri. Ikutan ekskul cheerleader, ekskul teater, ikutan panitia acara sekolah dan bikin garage sale jelas bikin kita kelabakan. Kalau kebanyakan kegiatan, kita malah jadi enggak konsentrasi. Hasilnya jadi setengah-setengah. Mending sedikit, tapi kerjaan kita beres dan sukses.

Bisa juga kita melakukan berbagai kegiatan itu secara bergantian. Misalnya, untuk semester ini kita ikut ekskul band dan ikutan panitia pensi. Semester berikutnya kita  baru bikin garage sale.  

 

no gadget

Gadget bisa mempermudah hidup sekaligus membuat hidup kita ribet  Ketika sedang bikin PR atau rapat, singkiran segala gadget. Karena bisa tanpa sadar waktu satu jam terbuang karena membuka gadget. Letakkan gadget di dalam tas atau matikan. Kita tetapkan niat, 'oke satu jam aku bikin PR sampai selesai, setelah itu baru buka gadget.'

 

konsentrasi penuh

Gadget udah mati tapi kenapa bikin satu tugas aja enggak selesai-selesai? Bisa jadi kita sulit konsentrasi. Konsentrasi memang perlu dilatih. Pilih tempat yang nyaman dan bebas dari suara berisik. Bereskan meja belajar dan siapkan sedikit cemilan. Tetapkan hati dan bilang keras-keras pada diri sendiri, 'Aku bakal menyelesaikan tugas ini dalam waktu satu jam' ucapkan berkali-kali. Dengan menyemangati diri sendiri lama-lama kita bisa konsentrasi, lho.

 

 

 

makanan sehat

Bila kita udah tahu akan sibuk selama seminggu ini, siapkan tubuh dengan makanan bergizi. Bawa bekal dari rumah. Masakan Mama lebih sehat dari jajan sekolah, lho. Minum vitamin dan juice yang banyak. Dengan begitu kita enggak cepet lemas, capek dan bisa tetap konsentrasi. Waktu enggak akan terbuang karena kita lambat dalam mengerjakan hal-hal sepele.

 

(foto: tumblr.com)

Penulis :

  • Muti Siahaan

  • Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v