TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

7 Faktor Mengejutkan Penyebab Sulitnya Hidup Sebagai Cewek di Korea Selatan

  • Aisha Ria Ginanti
  • Posted on : Jumat, 16 Desember 2016

7 Faktor Mengejutkan Penyebab Sulitnya Hidup Sebagai Cewek di Korea Selatan

Terlepas dari hallyu wave seperti drama, film dan Kpop yang bikin kita jatuh cinta, Korea punya banyak aturan enggak tertulis yang bisa dibilang merugikan cewek. Yap, masyarakat Korea memberikan aturan atau tutuntutan hidup yang tinggi pada cewek. Mulai dari penampilan fisik yang harus cantik atau sempurna berdasarkan standar Korea, kesempatan kerja yang enggak sama bagi cewek, standar gaji atau upah yang enggak sama, hingga tuntutan bagi cewek untuk punya karakter yang lugu, imut dan enggak lebih dominan dari cowok. Untuk lebih jelasnya, simak aja langsung 7 faktor mengejutkan penyebab sulitnya hidup sebagai cewek di Korea Selatan.

 

Penampilan fisik adalah segalanya

Penampilan fisik yang ‘sempurna’ bisa dibilang jadi segala-galanya di Korea, sehingga sangat menentukan kesuksesan dalam hidup. Jadi kalau ada warga Korea yang enggak memenuhi standar cantik atau cakep mereka, bersiaplah mengalami body shaming atau diskriminasi yang ganas. Orang Korea umumnya enggak ragu bilang seseorang jelek, gemuk, atau celaan fisik lainnya di depan umum, apalagi kalau mereka seleb. Body shaming (tindakan menghina fisik baik wajah, bentuk tubuh, warna kulit, jenis rambut atau apa pun dari seseorang dan diri sendiri) dianggap hal yang wajar. Bahkan banyak cewek di sana yang enggak berani keluar rumah atau ketemu orang lain (kecuali keluarga) kalau enggak pakai makeup. Mereka jadi merasa sangat enggak PD untuk memperlihatkan wajah asli mereka bahkan bisa marah kalau ada yang memaksa. Memakai makeup dan tampil trendy pun jadi suatu keharusan bagi cewek agar bisa merasa lebih diterima oleh lingkungan pergaulannya baik di sekolah atau pun pekerjaan.

 

Kita bisa melihatnya sering terjadi di variety show, serial drama atau kalau kita membaca komentar para netizen Korea tentang berita-berita seleb. Seperti di situs Netizenbuzz, kita akan melihat banyak komen yang sangat menghina fisik seseorang. Bahkan seleb yang mungkin kita anggap sudah cakep atau cantik dengan tubuh ideal pun, enggak luput dari body shaming. Pasti ada saja bagian fisik mereka yang menjadi kelemahan dan target celaan bagi para netizen.

 

Hal ini sebenarnya berlaku bagi cewek dan cowok, tapi bagi cewek, jadinya lebih ganas karena cewek pasti mengalami judgement yang lebih keras daripada cowok untuk masalah fisik. Saat kamu cantik, kamu akan lebih disukai oleh orang-orang di sekitar kamu. Lebih gampang dapat teman dan tentunya dapat pacar. Bahkan untuk urusan pekerjaan pun, orang Korea sangat melihat fisik. Cewek yang cantik akan cenderung lebih mudah dapat pekerjaan daripada yang penampilan fisiknya dinilai enggak memenuhi standar cantik ala Korea. Walaupun mungkin mereka berdua punya kualitas pengalaman atau prestasi akademik yang sama.

 

Simak salah satu cewek di Korea yang sering dihina oleh ibunya sendiri hanya karena dia enggak kurus, yang ditayangkan di variety show Hello Councelor, dengan judul "My Mom Hates Me" ini. Di sini terlihat banget bagaimana sebagian besar orang Korea begitu judgemental soal penampilan fisik.

 

 

Baca juga 8 Kisah Tragis Cewek Modern yang Harus Menderita Karena Dilahirkan Sebagai Perempuan

1 2 3 4 5 6 7

Penulis :

  • Aisha Ria Ginanti

  • Cat, cooking and traveling. Creative Editor for Cewekbanget.id

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×