Grid Networks | Rabu, 17 Januari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

9 Bentuk Kekerasan Seksual yang Penting Untuk Kita Ketahui!

  • Sabtu, 2 Desember 2017 16:50 WIB

9 Bentuk Kekerasan Seksual yang Penting Untuk Kita Ketahui! | sbs

Sebagai cewek kita harus bisa menjaga diri agar terhindar dari kekerasan seksual yang banyak terjadi. Dilansir dari post @indonesiafeminis, Komnas Perempuan mengidentifikasikan 9 bentuk kekerasan seksual yang memiliki kesamaan unsur pidana dan berbagai faktor lainnya. Ini dia 9 bentuk kekerasan seksual yang penting untuk kita ketahui dilansir dari laman komnasperempuan.go.id.

Perkosaan

undefined

Perkosaan adalah serangan dalam bentuk pemaksaan hubungan seksual dengan memakai penis ke arah vagina, anus atau mulit korban. Enggak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan jari tangan atau benda-benda yang diarahkan ke bagian korban tadi.

(Baca juga: 5 Penjelasan Soal Pelecehan Seksual dan Perkosaan yang Wajib Kita Tahu)

Pencabulan

undefined

Sistem hukum Indonesia mengenal istilah lain dari perkosaan, yaitu pencabulan. Istilah ini digunakan ketika perkosaan dilakukan di luar pemaksaan penetrasi penis ke vagina. Pencabulan juga merupakan juga istilah saat dilakukan perkosaan kepada orang yang belum bisa memberikan persetujuan secara utuh misalnya anak di bawah umur 18 tahun.

Pelecehan

undefined

Hal yang termasuk dalam pelecehan adalah tindakan seksual lewat sentuhan disik maupun non-fisik dengan sasaran organ seksual atau seksualitas korban. Misalnya pelaku yang memberikan siulan, main mata, ucapan bernuansa seksual, colekan di bagian tubuh, atau bisa juga gerakan atau isyarat yang bersifat seksual. Korban jadi merasa enggak nyaman, tersinggung, direndahkan martabatnya, hingga menyebabkan masalah kesehatan dan keselamatan maka tindakan pelaku tadi bisa dikatakan sebagai bentuk pelecehan seksual.

(Baca juga: Penting! Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kita Mengalami Pelecehan Seksual di Jalan atau Tempat Umum)

Eksploitasi seksual

undefined

Reporter : Indah Permata Sari
Editor : Indah Permata Sari

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×