TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Alasan Cewek Selalu Lapar Sebelum Menstruasi

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Selasa, 1 September 2015

Alasan Cewek Selalu Lapar Sebelum Menstruasi

Tiba-tiba nafsu makan tinggi, bawaannya lapar melulu, dan pengen makan makanan tertentu. Kebiasaan ini selalu berulang setiap bulan? Coba piker-pikir, mungkin kebiasaan ini selalu kita alami menjelang menstruasi? Simak deh, hasil penelitian yang menjelaskan alasan cewek selalu merasa lapar sebelum menstruasi ini.

 

(Baca juga: Cara Membedakan Gejala PMS dan Kehamilan)

 

Rendahnya level hormon estrogen

Sebuah studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Baylor, AS mengungkap, selalu lapar sebelum menstruasi yang dialami oleh banyak cewek diakibatkan oleh rendahnya level hormon estrogen di dalam tubuh-yang terjadi sebelum periode menstruasi datang.

 

"Banyak cewek melaporkan mereka mengalami peningkatan keinginan untuk makan, khususnya makanan mengandung karbohidrat, gula, dan garam. Keinginan itu biasanya terjadi sebelum menstruasi," ujar James Greenblatt, M.D, pengarang buku Answers to Appetite Control.

 

Rendahnya level hormon progesteron

Enggak hanya itu, Greenblatt juga menjelaskan beberapa studi baru lainnya yang mengungkap kaitan antara rendahnya level hormon estrogen, hormon progesteron, dan keinginan makanan lebih banyak. Ia menemukan, saat kedua hormon tersebut berada di level terendah maka nafsu makan pun jadi bertambah.

 

(Baca juga: Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi)

 

Makanan yang harus dihindari

Untuk menghindari kondisi ini, dokter spesialis obesitas Lisa Oldson menyarankan untuk enggak mengisi perut kita dengan makanan yang mengandung banyak estrogen. Soalnya, terlalu banyak asupan estrogen dalam tubuh akan meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker rahim.

 

Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari menjelang menstruasi adalah makanan yang mencakup jenis karbohidrat olahan, seperti biskuit, cookies, roti, dan nasi putih. Ia mengatakan, makanan berkarbohidrat ini akan membuat energi sedikit membludak sesaat setelah dimakan dan cepat membuat kita kembali lapar.

 

Makanan yang disarankan

Sebaliknya, jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi untuk mencegah perasaan selalu lapar sebelum menstruasi  adalah buah-buahan, sayuran, dan gandum. Selain itu, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun, ditemukan dapat membuat  kita kenyang lebih lama.

 

(Baca juga: Mengenali Tanda Dan Ciri Menstruasi Pertama)

 

(sakina/kompas.com, foto: giphy.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×