Grid Networks | Minggu, 25 Februari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Belajar dari Kasus Pembunuhan Sekeluarga, Ini Alasan Pentingnya Terbuka Pada Orangtua dan Komunikasi Efektif di Keluarga

  • Rabu, 14 Februari 2018 15:28 WIB

Sudahkah kita terbuka pada orangtua? | .

Seorang ayah tega membunuh istri dan kedua anaknya, yang masih berusia 19 dan 11 tahun di Perumahan Taman Kota Permai 2, Priuk, Tangerang. Ayah yang berinisal ME tersebut menusuk anggota keluarganya dengan pisau yang ia simpan di belakang lemari.

Tidak sampai di situ, usai membunuh istri dan anaknya, ME kemudian melakukan percobaan bunuh diri.

Diketahui bahwa cekcok rumah tangga yang menjadi motif pembunuhan tersebut. ME, yang dikenal punya karakter temperamen, marah kepada istrinya yang mencicil mobil tanpa sepengetahuan dirinya.

ME diancam hukuman seumur hidup. Amarah yang berujung pembunuhan pada keluarga sendiri memang bikin kita enggak habis pikir.

undefined
Pembunuhan keluarga di California. Ayah, yang jadi pelaku, bunuh diri di tempat.

Bukan hanya kejadian di Tangerang ini, ada kasus pembunuhan pada anggota keluarga juga pernah terjadi di California pada awal tahun 2018 ini. Seorang ayah membunuh istri dan kedua anaknya yang berusia 20 dan 11 tahun dengan cara menembaknya.

Setelah itu, ia tewas dengan cara menembak dirinya sendiri. Padahal menurut tetangga setempat, keluarga ini selalu terlihat akur dan harmonis.

Pembunuhan yang terjadi pada keluarga di Tangerang didasari karena adanya percekcokan dan faktor ekonomi. Konflik semacam ini mungkin terjadi ketika tidak ada komunikasi yang efektif pada keluarga.

Tidak ada keterbukaan antara suami dan istri, ayah dan ibu, serta anak-anak dengan orangtua.

Padahal seperti yang kita tahu, keluarga adalah pranata sosial yang fungsi-fungsi penting dalam kehidupan manusia. Yaitu reproduksi, sosialisasi, proteksi, ekonomi, kontrol, dan afeksi.

Komunikasi efektif di keluarga itu penting banget, karena akan berpengaruh dengan bagaimana kita berperilaku di luar lingkungan keluarga.

Reporter : Debora Gracia
Editor : Debora Gracia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×