Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Ini Alasan untuk Tidak Bertindak Bodoh Demi Eksis di Medsos

  • Senin, 19 Maret 2018 14:12 WIB

Eksis boleh, tapi tetap bijak, ya! | (ilustrasi foto: parallelic)

Media sosial atau medsos rasanya bukan hanya jadi media untuk menjalin pertemanan dengan orang lain saja. Kini, medsos sudah menjadi teman itu sendiri. Apa pun yang kita lakukan rasanya dekat dengan medsos. Setiap kita melakukan sesuatu, kita akan share di medsos. Kalau kita pengin mendapatkan informasi tentang suatu hal, media yang pertama kita cari adalah medsos.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Royal Society For Public Health, Young Health Movement, menyampaikan bahwa 91% dari pengguna aktif internet berkisar antara usia 16-24 tahun. Sebagian besar dari kita juga berada dalam kisaran usia tersebut.

(Baca juga: 3 Alasan Medsos Membuat Kita Terobsesi dengan Hidup yang Sempurna)

Ada pun medsos yang paling membawa pengaruh baik ke buruk, urutannya adalah YouTube, Twitter, Facebook, Snapchat, dan terakhir adalah Instagram.

Menurut penelitian itu juga, sebenarnya setiap medsos itu punya sisi positif dan negatif untuk para penggunanya.

undefined
Seperti diungkapkan di atas, medsos saat ini juga menjadi tempat mengekspresikan diri dan pengin dikenal oleh orang banyak alias eksis. Kita membagikan hal yang kita suka di medsos agar dilihat oleh orang lain. Tidak jarang juga untuk meraih keuntungan seperti jumlah followers yang semakin tinggi atau mendapatkan pemasukan berupa uang.

Salah atau enggak? Rasanya tidak salah, selama kita tidak menimbulkan dampak yang negatif baik untuk diri sendiri atau pun orang lain.

Namun, kenyataannya banyak kejadian yang berawal dari keinginan untuk eksis di medsos malah berujung merugikan.

Monalisa Perez (20) baru-baru ini dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan karena tidak sengaja membunuh pacarnya, Pedro Ruiz (22) karena sebuah video prank pada Juni 2017 lalu. Jadi, di video prank tersebut Pedro menutup dadanya dengan sebuah buku tebal dan Monalisa berperan untuk menembaknya dengan senjata. Naasnya, Pedro malah tertembak dan tewas seketika di tempat.

Ini bukan kejadian yang pertama kali, ada beberapa peristiwa pengin eksis di medsos malah berujung maut. Simak infonya di bawah ini.

undefined

Reporter : Debora Gracia
Editor : Debora Gracia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×