Grid Networks | Minggu, 25 Februari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Ini Arti Sebenarnya Psikopat, Sosiopat, dan Narsistik! Pacar Atau Gebetan Kamu Termasuk Juga?

  • Selasa, 13 Februari 2018 20:10 WIB

Wajib tahu beda psikopat, sosiopat dan narsistik! | foto: pinterest.com

Psikopat, sosiopat atau narsistik adalah julukan-julukan yang sering kita lintarkan tanpa mengetahu arti sebenarnya. Psikopat, sosiopat, dan narsistik adalah tiga jenis gangguan kepribadian pada manusia dan enggak menutup kemungkinan terjadi pada gebetan dan pacar kita.

Tapi apa sih arti sebenarnya dari tiga sebutan tersebut? Ternyata maknanya lebih dalam dan enggak sekadar sebutan biasa saja.

(Baca juga: Apakah Hati Kamu Sabar Seperti 4 Zodiak Ini?

Psikopat

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) tahun 2013, psikopat adalah gangguan mental yang berada di bawah Antisocial Personality Disorders (ASPD). Psikopat memiliki kecenderungan sifat yang suka menipu dan manipulatif.

Seseorang yang mengidap psikopati pada umumnya berperilaku kasar, tapi terkadang cenderung melakukan sesuatu dengan tipuan untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Tapi nyatanya, seorang psikopat mampu membaur dan menempatkan diri dengan komunitas sekitar dengan baik, dan terlihat seperti orang yang menarik dan sangat cerdas.

Hanya saja, kemampuan sosialnya itu hanya sebuah kamuflase dari sifat manipulatif dan penuh perhitungan. Ia juga memiliki rasa bersalah dan tanggunga jawab yang rendah, mengabaikan hukum, dan norma sosial.

Faktanya, psikopat bisa timbul akibat faktor cacat otak bawaan.

Sosiopat

undefined
foto: dramabeans.com

Reporter : Indra Pramesti
Editor : Indra Pramesti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×