Grid Networks | Minggu, 18 Februari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Jangan Dibiarkan, Ini 4 Layanan Bantuan di Indonesia yang Bisa Kita Hubungi Kalau Sedang Punya Pikiran Bunuh Diri

  • Rabu, 31 Januari 2018 10:34 WIB

Jangan Dibiarkan, Ini 4 Layanan Bantuan di Indonesia yang Bisa Kamu Hubungi Kalau Sedang Punya Pikiran Bunuh Diri |

Ketika sedang mengalami depresi, akan mudah bagi kita untuk melakukan hal yang enggak diinginkan bahkan sampai bunuh diri sekalipun. Depresi merupakan salah satu penyebab terbanyak kenapa orang-orang melakukan tindakan bunuh diri.

Di tengah maraknya kasus bunuh diri yang terjadi akhir-akhir ini, beberapa layanan bantuan ini, terutama yang ada di Indonesia, dapat membantumu ketika kamu sedang depresi dan mempunyai pikiran untuk melakukan bunuh diri.

(Baca juga: Pikiran Untuk Bunuh Diri Datang Tanpa Disadari & Sering Dianggap Remeh. Waspada Sebelum Terlambat)

Kementrian Kesehatan Indonesia

undefined

Belum banyak orang yang tahu kalau Kementrian Kesehatan di Indonesia mempunyai layanan bantuan berupa layanan pencegahan bunuh diri di nomor 500-454.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata layanan ini udah enggak lagi beroperasi sejak tahun 2014 karena dianggap enggak lagi efisien. Meskipun begitu, hal ini tetap menunjukan kalau pemerintah sebenarnya ingin berperan aktif untuk melakukan pencegahan bunuh diri di masyarakat.

(Baca juga: Jangan Menyepelekan Bunuh Diri, Ini 7 Hal yang Ada di Pikiran Korban)

Saveyourselves.org

undefined

Kurangnya kesadaran generasi kita terhadap pentingnya kesehatan mental membuat saveyourselves menciptakan sebuah platform konseling psikologis.

Ada 3 layanan yang ditawarkan oleh website ini, yaitu edukasi, konsultasi dan pencegahan bunuh diri. Enggak perlu merasa ragu untuk berkonsultasi untuk kesehatan mental kita. Dan apabila kita mempunyai pikiran untuk melakukan bunuh diri, langsung hubungi nomor telepon pencegahan bunuh diri di saveyourselves.

Reporter : Ifnur Hikmah
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×