TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Keuntungan dan Kerugian Jadi Mahasiswa Kunang-Kunang

  • Averina Lita
  • Posted on : Rabu, 15 Februari 2017

cdn.purseblog.com

Banyak yang bilang, masa kuliah itu masa yang paling menyenangkan. Selain karena udah enggak dianggap anak kecil lagi, kita juga bebas mengatur jam kuliah sendiri. Kalau kebetulan dapat mata kuliah yang jamnya enggak berurutan atau pulang cepat, bisa dimanfaatkan dengan nangkring sama teman di café atau jalan ke mall. Lama-lama kita jadi mahasiswa kunang-kunang deh, yang artinya kuliah-nangkring, kuliah-nangkring.

 

Enggak ada salahnya menjalani masa kuliah dengan cara kayak gini. Tapi sebelumnya, cari tahu dulu yuk, apa aja keuntungan dan kerugian jadi mahasiswa kunang-kunang. Kalau udah tahu, baru deh kita bisa memutuskan mau lanjut atau enggak.

 

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Jadi Mahasiswa Kura-kura

 

KEUNTUNGANNYA…

 

Makin banyak teman

Dengan ikutan nangkring bareng sepulang kuliah, kita bisa makin dekat sama teman. Belum lagi kalau teman kita mengajak temannya yang lain buat ikut nangkring. Pergaulan kita pun jadi bertambah luas. Dari yang biasanya cuma saling bertukar senyum waktu papasan di kampus, siapa tahu kita dan teman yang baru kita kenal ini punya selera musik yang sama.

 

Selalu up-to-date

Kalau kita sering nangkring di mall, secara enggak sadar kita jadi lebih up-to-date sama model fashion terbaru yang kita lihat di etalase toko atau hal lain yang lagi hits. Musik yang biasa diputar di coffee shop juga bikin referensi musik kita jadi bertambah dan makin bervariasi.

 

Enggak gampang stres

Mengobrol dan bercanda bareng teman bisa jadi obat yang ampuh buat mengusir kepusingan menghadapi setumpuk tugas atau dosen yang killer. Kita juga bisa memanfaatkan waktu nangkring dengan curhat sama teman. Walaupun teman kita mungkin enggak bisa memberikan solusi, seenggaknya sedikit beban kita bisa berkurang.

 

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Jadi Mahasiswa Kunang-kunang

 

KERUGIANNYA…

 

Nilai IPK menurun

Saking seringnya nangkring, kita jadi lupa belajar. Bahkan kita jadi lebih sering bolos kelas demi bisa pergi ke café yang sedang happening di Instagram, atau terlambat mengumpulkan tugas karena asik berburu barang sale. Duh, jangan sampai ya, girls. Masa kuliah adalah masa di mana kita harus mulai bisa bertanggung jawab sama diri sendiri, termasuk membagi waktu antara belajar dan bersenang-senang.

 

Lupa masa depan

Karena sudah merasa nyaman menghabiskan waktu dengan nangkring, kita jadi larut dalam masa kini dan melupakan masa depan. Bukannya memikirkan bahan yang bisa dijadikan judul skripsi atau menyusun rencana apa yang akan dilakukan setelah lulus, kita udah puas hanya karena bisa pergi ke tempat hits atau mencoba makanan yang sedang populer.

 

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dicari Tahun 2017

 

Susah dapat kerja

Masih berhubungan sama dampak sebelumnya, keseringan nangkring bikin kita lebih suka malas-malasan. Setelah lulus, kebiasaan ini terus berlanjut dan akhirnya kita jadi malas cari kerja. Perusahaan yang mau meng-hire kita juga bisa jadi berpikir ulang karena melihat resume kita yang kosong, baik dari aktivitas organisasi maupun pengelaman kerja magang atau part-time. 

Penulis :

  • Averina Lita

  • Freelance writer for cewekbanget.id. An introvert who loves reading, watching, and working in a creative environment.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×