TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Manfaat Mimpi Buruk Buat Kesehatan

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Selasa, 21 Juli 2015

Manfaat Mimpi Buruk Buat Kesehatan

Walau menakutkan, para peneliti menganggap mimpi buruk justru memiliki manfaat untuk kita. "Penglihatan malam" ini dianggap melayani tujuan yang penting bagi kesehatan mental kita. Ini dia manfaat mimpi buruk buat kesehatan kita.

 

(Baca juga: Memahami Arti Mimpi Buruk Yang Kita Alami)

 

Pelepasan emosional

Sebuah video terbaru dari New York Magazine, The Good Side of Bad Dreams, menunjukkan kalau mimpi buruk berfungsi sebagai bentuk pelepasan emosional, memungkinkan kita untuk melepaskan tekanan dan kecemasan yang mengganggu kita di kehidupan "bangun" kita.

 

"Hal-hal yang paling menjadi perhatian kita ketika kita terjaga terus 'menghantui' kita ketika kita sedang tidur," jelas video yang diunggah di situs berbagi video YouTube tersebut. "Otak bawah sadar kita mengambil ketakutan abstrak dan mengubahnya menjadi cerita dalam bentuk mimpi buruk."

 

(Baca juga: Penyebab Mimpi Buruk Dan Cara Mengatasinya)

 

Mengubah rasa takut jadi memori

Berikut adalah cara kerjanya: Mimpi buruk pada dasarnya membutuhkan rasa takut dan mengubahnya menjadi memori. Hal ini bermanfaat, karena kenangan lebih mudah untuk melindungi pikiran karena merupakan sesuatu yang terjadi di masa lalu, dibandingkan 'kecemasan kabur tentang dunia di sekitar kita,' kata narator di video tersebut.

 

Jadi kalau kita sering mengalami mimpi buruk, jangan terlalu khawatir. Ini hanya cara otak untuk menempatkan ketakutan kita di masa lalu.

 

Berikut ini video penjelasan tentang alasan mimpi buruk bermanfaat untuk kita.

 

 

(Baca juga: 10 Jenis Gangguan Tidur)

 

(ade/intisari-online.com, foto: pixshark.com)

 

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×