Grid.ID Networks | Selasa, 17 Oktober 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Menurut Penelitian, Tidur Lebih Awal Bikin Mental Kita Lebih Sehat Dibanding Begadang, Lho!

  • Kamis, 12 Oktober 2017 20:45 WIB

Menurut Penelitian, Tidur Lebih Awal Bikin Mental Kita Lebih Sehat Dibanding Begadang, Lho! Foto: koreandramafashion.com

Mungkin kita pernah dengar kalau orang yang sering atau lebih suka begadang cenderung lebih pintar dan kreatif. Tapi ternyata tidur lebih awal punya manfaat yang lebih besar, girls! Kabar baik buat kita yang enggak suka begadang begadang, karena menurut penelitian, tidur lebih awal bikin mental kita lebih sehat dibanding begadang, lho! Penasaran kenapa bisa begitu? Ini penjelasannya.

(Baca juga: 9 Cara Berdasarkan Penelitian yang Bisa Kita Lakukan Buat Menghindari Masalah Tidur)

Pengaruh ke otak

Peneliti menemukan kalau orang yang lebih suka begadang, luas white matter di otaknya lebih sedikit. White matter sendiri merupakan area di system saraf pusat yang secara aktif berpengaruh pada fungsi otak dan proses belajar. Dengan jumlah luas yang lebih sedikit, artinya kita jadi lebih gampang diserang depresi dan punya kecenderungan untuk melakukan kebiasaan kurang sehat.

(Baca juga: 5 Alasan Rajin Menulis Bisa Bikin Kita Tambah Pintar)

Social jet lag

undefined

Yang dimaksud dengan social jet lag adalah di mana kita yang suka begadang, dipaksa harus bangun padahal tubuh kita belum pengin bangun. Kalau dibiarkan terus berlangsung, tingkat kebahagiaan kita jadi berkurang, sementara kadar stress kita malah bertambah, karena otak enggak bisa berfungsi sebaik mereka yang istirahat dengan waktu cukup.

(Baca juga: Kenapa Malam Hari Jadi Waktu Terbanyak Untuk Kasus Bunuh Diri?)

Bangun pagi bikin lebih positif

Dalam proses pengujian, ditemukan kalau orang yang bangun lebih pagi, cenderung punya perasaan yang lebih positif dan lebih bisa berhati-hati dalam bertindak maupun berbicara disbanding yang suka begadang. Jam-jam awal di pagi hari punya peranan penting dalam menentukan mood kita seharian. Kalau kita bangun dengan lebih santai tanpa perlu terburu-buru berangkat sekolah atau kuliah, kita punya kesempatan lebih besar untuk mempertahankan perasaan itu sehari penuh.

Reporter : Averina Lita
Editor : Averina Lita

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×