Grid Networks | Minggu, 22 April 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Payudara Kita Berbeda dengan Teman-teman, Normal Enggak Sih?

  • Senin, 19 Maret 2018 16:10 WIB

foto: marieclaire.com.my

Ketika pelajaran olahraga atau saat menginap bersama, kita pasti pernah mengganti baju atau bahkan terpaksa mandi bareng bersama teman. Di sana kita sadar kalau payudara tuh berbeda-beda.

Kenapa payudara teman lebih besar? Kenapa warna areola di sekeliling puting mereka lebih gelap? Normal enggak sih kalau payudara kita berbeda-beda?

Baca juga: 5 Hal Enggak Perlu Kita Lakukan Pada Vagina

Ukuran dan bentuk payudara orang berbeda-beda

payudara
foto: breastcancercare.org.uk

Menurut breastcancercare.org.uk, bentuk dan ukuran payudara adalah keturunan dari orangtua. Jadi kalau ibu punya payudara besar, kemungkinan besar itu juga akan terjadi pada kita.

Kita mengalami pertumbuhan payudara saat masa puber, payudara akan membesar dan semakin berbentuk bulat. Ketika payudara sedang tumbuh, kita akan merasa sedikit gatal atau nyeri, tapi jangan khawatir karena itu semua normal kok.

Biasanya pada usia 17 tahun, payudara akan berhenti tumbuh. Tapi hal itu berbeda-beda pada setiap cewek, sebab bisa jadi payudara kita baru akan benar-benar berkembang pada usia 20-an.

Enggak perlu khawatir kalau payudara kita lebih kecil dari teman, karena masing-masing cewek punya siklus pertumbuhan yang berbeda.

Puting punya ukuran, bentuk, dan warna yang beda

payudara
foto: breastcancercare.org.uk

Puting setiap orang berbeda. Ada puting yang menonjol ke atas, menonjol ke bawah, berwarna pucat, gelap, kecil, besar, atau berbeda pada payudara kanan dan kiri. Jika kita merasa risih dengan puting yang terlalu menonjol, gunakan bra dengan busa yang empuk supaya tetap nyaman.

Beberapa cewek juga memiliki rambut di sekitar areola dan puting yang enggak menonjol, namun masuk ke dalam. Itu wajar kok girls, jadi enggak perlu was-was ya.

Payudara besar sebelah

payudara
foto: breastcancercare.org.uk

Menurut Arpana M. Naik, MD, asisten profesor di Surgery Oregon Health & Science University Portland, payudara kiri cewek memang biasanya lebih besar daripada payudara kanan. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Jadi enggak perlu takut karena payudara besar sebelah ya!

Baca juga: Payudara Cewek Besar Sebelah, Normal Enggak Sih?

Payudara setiap orang memang berbeda dan unik girls. Jadi tetap percaya diri dengan payudara dan tubuh kita ya!

Baca juga: Ngeluh Sakit Menstruasi? Penderitaan Cewek di Berbagai Negara Saat Menstruasi Ini Jauh Lebih Berat

Reporter : Intan Aprilia
Editor : Intan Aprilia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×