TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Tidur dan Mimpi Mungkin Hal Normal, Tapi Kita Wajib Tahu 5 Fakta di Balik Itu!

  • Natasha Erika
  • Posted on : Rabu, 26 April 2017

Tidur dan Mimpi Mungkin Hal Normal, Tapi Kita Wajib Tahu 5 Fakta di Balik Itu!

Tidur dan bermimpi sering kita anggap sebagai hal yang normal. Tidur yang diikuti mimpi juga menandakan kita memiliki tidur yang nyenyak. Tetapi sebenarnya mimpi memiliki pengaruh yang besar pada hidup kita. Tidur dan mimpi mungkin hal normal, tapi kita wajib tahu 5 fakta di balik itu!

 

 

Baca juga: 5 Fakta Seru Soal Mimpi



1. Otak tetap sibuk saat kita tidur

Ketika kita tertidur, sebenarnya kita melakukan berbagai pekerjaan seperti saat kita terbangun. Ini karena otak kita sangat sibuk mengumpulkan informasi dan memprosesnya. Menurut Robert Stickgold, peneliti tidur dari Harvard Medical School, tidur bukan cuma berguna untuk mengatur informasi di otak tapi juga memastikan tubuh berfungsi optimal.

 

(foto: uratex.com)

 

2. Daripada makan, manusia lebih enggak bisa bertahan hidup jika enggak tidur

Penelitian mengungkap bahwa saat tidur memori kita akan dikumpulkan sehingga proses belajar lebih lancar, merangsang sistem imun sehingga penyakit bisa dilawan, dan mengatur emosi. "Kita bisa bertahan lebih lama tanpa makan dibandingkan tanpa tidur," katanya.

 

(foto: deviantart.net)

 

3. Apa yang terjadi saat kita tidur? 

Robert Lawrence Kuhn, penulis dan pembawa acara Closer to Truth, mengatakan ada dua hal utama yang terjadi saat tidur, yakni REM (rapid eye movement) dan non-REM. Tidur REM terjadi saat kita mengalami mimpi, sementara tidur non-REM terjadi ketika aktivitas otak hanya sedikit dan enggak bermimpi (atau bisa disebut saat kita tidur).

 

(foto: tumblr.com)

 

Baca juga: 5 Hal yang Mempengaruhi Mimpi Kita

 

4. Mimpi bisa membantu manusia menghadapi masalah

Kalau dari sudut pandang mistis banyak orang meyakini mimpi memiliki arti khusus bagi kita, tetapi para peneliti menyebutkan bahwa mimpi membantu manusia lebih kreatif dalam menghadapi masalah-masalahnya.

 

"Mimpi adalah hal yang kreatif. Mimpi akan mengambil elemen dasar, menggabungkannya dengan cara enggak biasa, dan menghasilkan perbedaan luar biasa berbeda dengan dunia nyata," kata Patrick McNamara, neuroscientist dari Boston University.

 

(foto: aplus.com)

 

5. Mimpi jadi tempat buat eksperimen

Para ahli percaya, mimpi adalah mekanisme alami yang membantu kita bereksperimen dengan kenyataan secara aman. Mimpi juga membantu kita beradaptasi dengan baik. "Kita bisa menjadi dokter atau perawat, menjadi koboi, dan melakukan berbagai permainan, dengan cara yang enggak pernah kita alami sebelumnya," kata Nicholas Humphrey, psikolog. Dalam teater mimpi, kita bisa terbang atau berkelahi dalam situasi yang berbeda, dengan orang baru, atau dengan teman, yang enggak pernah kita terpikir sebelumnya.

 

 

Baca juga: Cara Bangun Tidur Yang Benar di Pagi Hari

 

(sumber: lusia/health.kompas.com, foto: pinterest.com)

 

 

Penulis :

  • Natasha Erika

  • Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v