Grid.ID Networks | Senin, 23 Oktober 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Untuk Mahasiswa, Ini 7 Tips Mengubah Kebiasaan Boros Jadi Hemat!

  • Minggu, 13 Agustus 2017 15:30 WIB

google.com | Cewekbanget.id

Kebutuhan kuliah kita memang berbeda dengan saat SMA dulu. Saat menjadi mahasiswa, kita akan banyak mengeluarkan uang untuk kegiatan belajar di kampus. Seperti misalnya mencetak tugas yang ada belasan halaman, lalu fotocopy tugas kita untuk diberikan kepada seluruh mahasiswa di satu kelas. Ini baru satu mata kuliah saja, beda mata kuliah dan dosen ya beda lagi tugasnya.

Untuk itu sebagai mahasiswa kita harus bisa lebih hemat. Kita enggak boleh lagi boros menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang enggak urgent banget kita miliki. Inilah tips-tips dalam mengubah kebiasaan boros mahasiswa menjadi hemat.

Bikin Daftar Skala Prioritas

undefined

Kita harus bisa menyusun daftar barang apa yang paling kita butuhkan dan harus kita beli, tanpa memasukkan daftar cemilan di dalamnya. Setelah barang-barang yang ada di daftar sudah kita miliki semua, baru deh uang sisa yang masih kita punya bisa kita gunakan untuk jajan.

"Aku punya prinsip kalau biaya kuliah itu mahal, jadi pasti mendahulukan kepentingan kuliah dulu baru jajan." – Andriyani Lestari, Universitas Gadjah Mada.

(Baca juga: Tips Menghemat Uang Jajan yang Bisa Kita Coba)

Mengunjungi Toko Buku Bekas

undefined

Kalau kita membutuhkan buku yang harus kita punya di satu mata kuliah tertentu, maka daripada kita membeli buku yang baru, kita bisa mencoba mendatangi toko buku bekas. Mungkin saja ada buku yang kita cari dengan kondisi yang bagus, dan kita juga masih bisa menawar ke pedagang penjual buku. Dengan ini kita bisa menghemat sampai setengah harga buku baru atau bahkan lebih.

"Buku kuliah yang aku punya sebagian besar adalah buku bekas, kalau memang udah muter-muter enggak ada buku bekasnya baru deh aku beli yang baru. kondisi buku bekas masih banyak yang bagus-bagus kok." – Dwinda Nur Oceani, Universitas Islam Negeri Jakarta.

Mulai Menabung untuk Kebutuhan ‘me time’

undefined

Reporter : Indah Permata Sari
Editor : Indah Permata Sari

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×