Grid Networks | Minggu, 25 Februari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

Viral Remaja Tidur Selama Berminggu-minggu, Ini yang Perlu Kita Tahu dari Sindrom Putri Tidur!

  • Kamis, 26 Oktober 2017 14:30 WIB

Kenali sindrom putri tidur yang dialami Echa! | foto: pinterest.com

Belakangan ini kita mendengar berita tentang seorang remaja perempuan asal Banjarmasin, Siti Raisa Miranda (Echa) yang mengalami siklus tidur yang lama seperti seorang putri tidur. Echa bisa menghabiskan siklus tidur hingga dua minggu dan di antara siklus itu, Echa hanya bangun untuk makan, minum, dan buang air. Itu pun dengan bantuan orang tuanya.

Kabar tentang keadaan Echa menjadi viral setelah ayahnya memposting cerita tersebut ke media sosial Facebook miliknya. Sebenarnya penyakit apa sih yang dialami Echa? Yuk kita cari tahu fakta tentang Kleine Levin Syndrome alias sindrom putri tidur.

(Baca juga: 9 Gaya Tulisan Tangan yang Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang. Kamu Termasuk yang Mana?

Kenali Kleine Levin Syndrome (KLS)

KLS adalah kelainan neurologis langka yang menyebabkan seseorang memiliki jumlah jam tidur yang lebih lama, kepribadian yang berubah, dan berkurangnya pemahaman pada dunia nyata.

Penyakit ini seringkali menyebabkan penderitanya mengalami kantuk yang sangat kuat dan tidur selama siang dan malam (hypersomnolence), kadang mampu berjalan hanya untuk makan atau pergi ke kamar mandi. Periode tidurnya si penderita pun kadang bisa berhari-hari bahkan ada juga yang berbulan-bulan. Selama periode itu, penderita harus menghentikan rutinitas normalnya. Penyakit ini lebih sering disebut sebagai sindrom puteri tidur.

Meski pada kasus Echa sindrom puteri tidur dialami oleh seorang perempuan, umumnya masalah neurologis ini sering dialami oleh laki-laki.

Gangguan Saraf

undefined
foto: dramabeans.com

Sindrom puteri tidur terjadi karena adanya malfungsi di bagian hipotalamus dan thalamus pada bagian otak manusia yangmemiliki fungsi mengatur pola tidur, nafsu makan, dan dorongan seksual.

Terganggunya hipotalamus tersebut mneyebabkan mekanisme tubuh dalam mengatur jam biologis menjadi kacau.

Reporter : Indra Pramesti
Editor : Indra Pramesti

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×