TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Love,life & Sex Education

Wajib Tahu! 6 Jenis Kanker yang Bisa Menyerang Sistem Reproduksi Cewek

  • Sintia Astarina
  • Posted on : Selasa, 11 April 2017

(sumber: kompas.com)

Sel kanker dapat tumbuh hampir di setiap bagian tubuh. Enggak terkecuali di sistem reproduksi cewek. Selain kanker serviks, ternyata ada banyak jenis kanker lainnya yang perlu diwaspadai. Seperti dikutip Kompas.com dari Medical Daily, seenggaknya ada enam jenis kanker yang menyerang sistem reproduksi cewek.

 

Kanker Rahim

Kanker rahim bisa terdapat di lapisan dalam rahim, yaitu bagian sel yang memproduksi lendir dan cairan lainnya ataupun di jaringan luar rahim.

Menurut Mayo Clinic, kanker rahim yang juga dikenal dengan kanker endometrium (sel kanker yang tumbuh di dinding rahim) yang ditemukan sejak dini dapat meningkatkan harapan hidup pasien. Gejala kanker rahim antara lain perdarahan di vagina meski enggak sedang haid atau sudah menopause dan nyeri panggul.

Salah satu prosedur mengatasi kanker ini ialah dengan pengangkatan rahim agar sel kanker enggak menyebar ke organ lainnya.

 

Kanker serviks

Kanker serviks atau leher rahim adalah jenis kanker yang paling umum. Kanker ini disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Virus ini bisa menular melalui hubungan seksual. Selain menyebabkan kanker serviks, HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin. Gejala kanker ini antara lain perdarahan abnormal, nyeri di daerah panggul, dan kembung. Untungnya sudah ada vaksin untuk mencegah kanker serviks, girls!

1 2 3

Penulis :

  • Sintia Astarina

  • Freelance writer for cewekbanget.id. A flâneur who has interests in writing, reading books, music, movies, and social activities. Follow my #Bookstagram: @sintiawithbooks.

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×