Grid Networks | Rabu, 24 Januari 2018 | SIGN IN | SIGN UP

7 Film Indonesia dengan Cerita Super Menyentuh dan Keren yang Diangkat dari Kisah Nyata

  • Kamis, 23 November 2017 07:00 WIB

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Dunia perfilman Indonesia emang enggak ada habisnya memproduksi berbagai genre film setiap tahunnya. Inspirasi ide untuk membuat film juga bisa datang dari mana aja, salah satunya berasal dari kisah nyata.

Film yang diangkat dari kisah nyata umumnya lebih bisa membuat kita tertarik, sebab bikin kita kagum sambil enggak nyangka kalau hal yang diceritakan di film itu pernah benar-benar terjadi pada seseorang.

Enggak hanya film Hollywood, film Indonesia juga ada yang terinspirasi dari kisah nyata, lho! Ini dia 7 film Indonesia dengan cerita super menyentuh dan keren yang diangkat dari kisah nyata.

Baca juga: 10 Barang Antik di Museum yang Menyeramkan dan Bikin Kita Merinding

Laskar Pelangi (2008)

film indonesia kisah nyata
Laskar Pelangi

Sebelum dibikin film, Laskar Pelangi telah terlebih dahulu dibuat menjadi novel oleh Andrea Hirata. Laskar Pelangi merupakan kisah nyata pengalaman masa kecil Andrea Hirata dan teman-temannya.

Film ini bercerita tentang kehidupan sepuluh anak dari keluarga miskin yang bersekolah di Belitung. Sekolah yang berada di pelosok Belitung ini sangat terbatas, seperti atap yang sering bocor, juga berbagai sarana penunjang pendidikan yang enggak tersedia.

Tapi anak-anak ini terus semangat belajar setiap hari dengan guru mereka, Bu Mus.

Film yang diproduksi oleh Miles Films dan Mizan Production ini telah diputar di berbagai festival film luar negeri seperti di Barcelona Asian Film Festival 2009 di Spanyol, Singapore Internasional Film Festival 2009, 11th Udine Far East Film Festival di Italia, dan Los Angeles Asia Pacific Film Festival 2009 di Amerika Serikat.

Negeri 5 Menara (2012)

film indonesia kisah nyata
Negeri 5 Menara

Sama seperti Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara berasal dari novel dan kemudian dibuat menjadi film. Negeri Lima Menara adalah kisah nyata perjalanan hidup sang penulis, A. Fuadi.

Film ini mengisahkan enam orang cowok yang bersekolah di pesantren yang berada di Ponorogo, Jawa Timur. Mereka semua memiliki cita-cita yang sama, yakni menjelajah dunia.

Di bawah menara masjid, mereka berjanji suatu saat nanti akan mewujudkan mimpi diri mereka masing-masing dan bertemu kembali saat impian mereka telah tercapai.

Baca juga: Terungkap Rahasia di Balik Foto Iklan Makanan yang Selalu Kelihatan Segar dan Enak!

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

film indonesia kisah nyata
Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film ini adalah kisah nyata Merry Riana, pengusaha dan motivator sukses Indonesia, yang pernah berjuang dan bekerja keras di negara orang.

Saat keadaan Indonesia lagi enggak stabil, Merry terpaksa mengungsi sendirian ke Singapura. Di sana ia berjuang untuk hidup dan berkuliah.

Merry diterima di salah satu universitas ternama di sana, tapi ia sadar bahwa ia juga butuh uang untuk bertahan hidup.

Merry pun bekerja serabutan untuk bisa mencari uang sambil tetap berkuliah. Semangat Merry yang enggak pernah habis ini jadi salah satu kuncinya mencapai kesuksesan seperti sekarang.

(Baca juga: Ini Pengakuan Jujur Refal Hady dan Sheryl Sheinafia Tentang Chemistry di Antara Mereka!)

Surat Kecil untuk Tuhan (2011)

film indonesia kisah nyata
Surat Kecil untuk Tuhan

Surat Kecil untuk Tuhan diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang Keke, penderita kanker Rhabdomyosarcoma (kanker jaringan lunak) pertama di Indonesia.

Setelah dirinya divonis menderita kanker, kehidupan Keke pun berubah. Ia harus menjalani pengobatan kemoterapi dan radiasi selama hampir setahun.

Akibatnya, rambut Keke mulai rontok, kulitnya menjadi kering, dan sering mual-mual. Pada akhirnya Keke dinyatakan sembuh oleh dokter.

Sayangnya, setahun kemudian kanker itu kembali bersarang di tubuh Keke dan menjadi makin parah. Namun, ia dan sang ayah enggak patah semangat untuk mencari pengobatan bagi penyakitnya.

(Baca juga: 8 Seleb Cewek Indonesia yang Cocok Memerankan Karakter di Novel Ika Natassa. Kamu Setuju?)

3 Srikandi

undefined
3 Srikandi

Film 3 Srikandi bercerita tentang tiga atlet panahan cewek yang berhasil memenangkan medali perak di Olimpiade. 3 Srikandi terinspirasi dari tiga atlet panahan Indonesia bernama Nur Fitriyana, Lilies Handayani, dan Kusuma Wardhani.

Pada masa Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul, seluruh dunia sedang mempersiapkan atlet-atlet terbaiknya. Tapi cabang pahanan di Indonesia sedang kritis karena enggak punya pelatih yang mampu menyiapkan tim panahan dalam waktu singkat.

Pada akhirnya, terpilihlah Donald Pandiangan, mantan atlet panahan yang dikenal sebagai Robin Hood-nya Indonesia.

Di bawah cara pelatihan Donald yang keras dan dingin, tiga atlet ini terus berusaha mempersiapkan diri mereka dengan maksimal sebelum saat olimpiade tiba.

Baca juga: Kreatif Banget! Begini Jadinya Kalau Adegan Film Kartun Terekam ke Dalam Kehidupan Nyata

Habibie & Ainun (2012)

undefined
Habibie & Ainun

Film ini diadaptasi dari kisah nyata B.J Habibie mengenai almarhumah istrinya, Ainun. Habibie dan Ainun adalah teman SMP, yang kemudian bertemu kembali saat masing-masing dari mereka sedang berusaha mewujudkan mimpi.

Mereka pun jatuh cinta, kemudian menikah dan terbang ke Jerman. Habibie yang merupakan ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar untuk Indonesia.

Sedangkan, Ainun adalah dokter muda yang pintar. Film ini menceritakan kisah cinta mereka, pengorbanan, juga perjalanan untuk mencapai mimpi.

Rudy Habibie (2016)

undefined
Rudy Habibie

Rudy Habibie adalah prekuel dari film Habibie & Ainun. Di film ini, diceritakan perjalanan Habibie saat menjalani kuliah di Jerman, mulai dari kisah cintanya dengan cewek Polandia bernama Ilona, kisah persahabatannya, juga perjuangannya untuk bertahan hidup di Jerman. Kamu pasti jadi makin kagum deh sama sosok B.J. Habibie!

Keren-keren banget kan? Yang mana film favoritmu, girls?

Baca juga: Kalau Seleb Indonesia Jadi Guru, Cocoknya Jadi Guru Mata Pelajaran Apa, Ya?

Reporter : Intan Aprilia
Editor : Intan Aprilia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×