Grid.ID Networks | Kamis, 17 Agustus 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Bagi yang Ngaku Suka Ramen Jepang, Harus Tahu 5 Jenis Ramen Ini. Dijamin Ngiler!

  • Sabtu, 18 Maret 2017 11:53 WIB

Jenis-jenis ramen

Ramen adalah salah satu makanan Jepang yang paling terkenal, termasuk di Indonesia. Berbagai macam kuah ramen dan topping-nya yang nikmat selalu berhasil bikin kita ketagihan! Nah, bagi kita yang ngaku suka ramen, harus banget tahu 6 jenis ramen ini. Dijamin ngiler!

Baca juga: Sambal Khas Indonesia Favorit Kita, Ternyata Bisa Menggambarkan Kepribadian Kita, Lho! 

 

Shoyu

Ramen

Ramen dengan kuah shoyu dibuat dengan kecap asin. Kuahnya yang bening dan berwarna coklat terang berasal dari kaldu daging atau sayuran. Biasanya, ramen shoyu dipasangkan dengan mie keriting yang kenyal. Rasanya asin, segar, dan tajam.

 

Tonkotsu

Ramen

 

Tonkotsu adalah ramen dengan kuah kaldu tulang daging. Kuahnya kental, pekat, dan berwarna putih. Warna ini berasal dari rebusan tulang daging yang memakan waktu berjam-jam, bahkan terkadang sampai 20 jam. Supaya menambah kehangatan, kita juga bisa memberikan jahe ke dalam kuahnya.

 

Shio

Ramen

Kuah shio yang asin disebut sebagai kuah ramen yang paling tua dan ikonik. Biasanya, kuah shio dibuat dengan ayam atau daging. Rasa kuahnya sangat asin dengan warna yang kekuningan. Ramen shio seringkali disajikan bersama rumput laut. Kalau kita enggak tahan asin, berarti ini bukanlah ramen yang tepat buat kita.

 

Miso

Ramen
Ramen

Ramen miso berasal dari Hokkaido pada 1960-an. Jenis kuah ini dianggap sebagai varian terbaru dalam dunia kuah ramen. Miso punya rasa yang manis dan seperti kacang. Mie yang digunakan juga khas, yakni mie keriting yang tebal dan kenyal.

 

Tsukemen

Ramen
Ramen

Buat yang kreatif dan anti-mainstream, sepertinya ramen ini pas buat kita. Sebab, ramen ini dimakan dengan cara yang unik. Kuahnya berada di mangkuk yang terpisah dengan mie, kemudian kita harus mencelup mie ke dalam kuah untuk memakannya. Kuahnya lebih kental dan kuat, sehingga cocok untuk dicelup.

 

Baca juga: Cari Tahu Kepribadian Kita Berdasarkan Junk Food Favorit! 

Baca juga: 14 Tradisi Makan Unik dari Berbagai Negara

Reporter : Intan Aprilia
Editor : Intan Aprilia

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×