Grid.ID Networks | Selasa, 22 Agustus 2017 | SIGN IN | SIGN UP

Enggak Nyangka! 6 Penulis Novel Ini Pernah Dipecat Dari Proses Adaptasi Novel ke Film/Serial TV

Reporter : Ifnur Hikmah
Editor : Ifnur Hikmah

foto: teen.com

Meski ide awal sebuah film yang diangkat dari novel berawal dari ide si penulis novel, tapi ternyata enggak selamanya mereka ikut serta dalam proses adaptasi cerita novel ke film. Memang, sih, novel dan skenario film merupakan dua hal yang berbeda sehingga belum tentu si penulis novel bisa menulis skenario film. Tapi ada beberapa penulis novel yang sama sekali enggak diajak ikut serta dalam proses adaptasi cerita novel ke film ini, bahkan ada yang dipecat juga. Enggak nyangka banget kalau ternyata enam penulis novel ini pernah dipecat dari proses adaptasi novel ke film.

 

Lihat di sini novel remaja Hollywood yang diangkat jadi film tahun 2017.

 

John Green – Looking For Alaska

Melihat kesuksesan The Fault in Our Stars dan Paper Towns, enggak heran kalau novel John Green yang lain juga dilirik untuk dijadikan film. Salah satunya yang sempat diomongin adalah Looking for Alaska. Namun, di tahun 2016 kemarin, pihak Paramount Pictures memutuskan untuk memecat John Green dan enggak melibatkannya dalam proses ini. John Green yang kecewa, sempat ngetwit, meski kemudian dihapus. Karena itu, pihak studio akhirnya menunda proyek ini dan belum jelas kelanjutannya hingga sekarang.

 

L.J. Smith – The Vampire Diaries

 

 enam penulis novel ini pernah dipecat dari proses adaptasi novel ke film.
foto: teen.com

The Vampire Diaries memang salah satu serial TV yang sukses dan sampai dibikin banyak season. Namun ternyta, penulis novelnya sendiri enggak pernah terlibat dalam proses adaptasi ini. Meski begitu, LJ Smith mengaku puas dengan jalannya cerita. Namun ternyata, menjelang akhir, cerita asli dari Smith ditolak oleh penerbitnya sendiri dan menggantikannya dengan ghost writer. Alasannya karena penerbit enggak suka dengan akhir cerita yang ditulis Smith. Akhirnya, Smith menulis bagian akhir cerita versi dia di forum fanfiction online.

 

Daniel Handler – Lemony Snicket

 

 enam penulis novel ini pernah dipecat dari proses adaptasi novel ke film.
foto: teen.com

Setelah menulis skenario sebanyak delapan versi untuk adaptasi dari serial A Series of Unfortunate Events, Lemony Snicket pun ditolak oleh pihak studio. Kepada The New York Times, penulis ini bilang, “setelah aku dipecat, aku membelikan minuman untuk semua orang yang ada di lounge Bandara Burbank. Enggak banyak yang ada di sana, jadi itu bukan tindakan yang perlu dipuji. Tapi aku bilang, ‘aku baru saja dipecat dari Paramount Pictures, ayo minum bersamaku. Dan salah satu orang di bar berkata, ‘aku juga dipecat dari Paramount Pictures beberapa tahun lalu,’ Sejak itu, aku merasa baik-baik saja,” jelasnya.

 

Buka halaman berikutnya untuk melihat tiga penulis lainnya.

Reporter : Ifnur Hikmah
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×