TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Fakta Tentang Mario Miranda yang Jadi Google Doodle Hari Ini

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 2 Mei 2016

Google doodle hari ini (foto: Google).

Buka situs utama Google hari ini, Senin (2/5/2016) dan kita akan menemukan logo Google yang biasa dijumpai diganti dengan doodle kartun yang berkisah tentang hujan dan banyak orang berlalu lalang sambil membawa payung. Ketika kita geser cursor, akan bertuliskan Mario Miranda’s 90 birthday. Yuk, simak 4 fakta tentang Mario Miranda yang jadi Google doodle hari ini.

 

(Baca juga: Alasan Kenapa Hasil Pencarian Google Disertai Logo Petir)

 

Tanpa logo Google

Doodle kali ini menampilkan kartun ilustrasi hujan, enggak ada goresan yang membentuk huruf Google di sana, kecuali warna khas Google yang dituangkan pada enam payung di dalam ilustrasi.

 

Doodle tersebut sengaja dibuat Google untuk memperingati ulang tahun Mario Miranda, seorang kartunis sekaligus pelukis yang berasal dari Daman, India yang karya-karyanya telah mendunia.

 

Tak hanya di halaman utama saja doodle Mario Miranda di pajang oleh Google, di halaman hasil pencarian di pojok kiri atas juga dipajang doodle berupa karakter anjing khas karya Mario Miranda.

 

(Baca juga: Tampilan Google Menghormati Ulang Tahun Audrey Hepburn)

 

Berasal dari India

Mario Miranda
Salah satu karya Mario Miranda (foto: outlooktraveller.com)

Karya-karya awal Miranda sebagian besar merupakan vignet yang bercerita mengenai ilustrasi kehidupan penduduk berbagai desa di Goa, wilayah pesisir barat india.

Debutnya sebagai kartunis adalah ketika karyanya ditampilkan oleh majalah The Ilustrated Weekly of India. Setelah itu, Miranda bekerja sebagai kartunis untuk Times of India dan menciptakan toko Miss Nimbupani dan Miss Fonseca yang rutin muncul di Femina serta Economic Times.

Kartun karya Miranda mulai dikenal dunia mulai dari 1974 silam. Saat itu, Ia diundang ke Amerika Serikat sehingga bisa mempromosikan karyanya serta berinteraksi dengan berbagai kartunis lain.
 

(Baca juga: 3 Fakta Google Doodle Wilbur Scoville Yang Menampilkan Berbagai Jenis Cabai)


Mendapatkan penghargaan

Mario Miranda
Mario Miranda (foto: wikipedia).

Pria kelahiran 2 Mei 1926 itu juga sempat membuat karya bersama dengan pencipta tokoh Peanuts, Charles M. Schulz serta Herblock, seorang kartunis editorial untuk Washington Post.

 

Semasa hidup, Miranda meraih berbagai penghargaan atas karya-karyanya, seperti Padma Shri pada 1988, Padma Bushan pada 2002, dan penghargaan capaian seumur hidup dari Organisasi Kartunis Seluruh India.


Pameran tunggal karya Miranda telah ditampilkan di lebih dari 22 negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Australia, Singapura, Perancis, Yugoslavia dan Portugal.

 

Karya paling menonjol

Satu yang paling menonjol dan bisa dinikmati hingga sekarang adalah karya mural. Miranda melukisnya di dinding kafe Mondegar, yang merupakan restoran dan bar paling ikonik di Mumbai, India. (yoga/ tekno.kompas.com)

 

(Baca juga: Ini Alasan Google Doodle Hari Ini Kehilangan Huruf E)

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×