TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
News & Entertainment

Ini Keseruan Rangkaian Acara Jambore Sanitasi 2016

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 15 Agustus 2016

Ini keseruan rangkaian acara Jambore Sanitasi 2016 (foto: @ditjenck)

Tiap tahunnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan acara Jambore Sanitasi. Acara itu untuk terpilihnya Duta Sanitasi baru yang akan mengemban tugas sebagai contoh baik berkaitan sanitasi dan lingkungan. Seperti tahun sebelumnya, Jambore Sanitasi ini punya serangkaian acara yang diikuti oleh para calon Duta Sanitasi. Apa aja sih keseruan dari rangkaian acara Jambore Sanitasi 2016? Ini keseruan rangkaian acara Jambore Sanitasi 2016.

 

Lomba Komik Sanitasi

Ini Keseruan Rangkaian Acara Jambore Sanitasi 2016
Komik Sanitasi (foto: Portal Sanitasi).

Gimana jadinya jika sosialisasi sanitasi lingkungan dibuat dalam bentuk komik? Jambore sanitasi memberi kesempatan kepada para komikus muda untuk ikut dalam lomba komik sanitasi, nih. Kementerian PUPR bersama komimus Mice dan Beng Rahadian, juga pemerhati sanitasi M. Sjukrul Amien untuk menyeleksi para pelajar se-Indonesia sejak Juli 2016. Dan sekarang, lima pemenang lomba komik sanitasi telah terpilih berdasarkan penilaian dari juri, nih!

 

Dari 5 orang yang terpilih, keluarlah nama juara satu, I Gusti Ketut Oktabayuna dengan judul komik Sanitasi Oke, Hidup Oyeee!. Juara kedua, Supriyanto berjudul Inspirasi dari Bobon. Juara ketiga, Aris Budiyanto dengan judul Abita Generasi Sanitasi.  Karya Mujiyono Si Amed dan Bahaya Buang Air Besar Sembarangan menang sebagai juara ke-empat. Dan terakhir, juara lima, Putu Dedi Kurnia Pratama dengan judul Duta Sanitasi.

 

Workshop Seru dan Bermanfaat

Ini Keseruan Rangkaian Acara Jambore Sanitasi 2016
Para calon duta sanitasi membuat pernak-pernik dari sampah
(foto: @ditjenck)

Jambore Sanitasi juga mengadakan berbagai workshop yang bisa mengasah kemampuan dan kesiapan para calon Duta Sanitasi. Ada workshop tentang bagaimana mengatasi pencemaran lingkungan dengan sanitasi yang aman. Ada juga workshop “Fun with Trash” yang para calon Duta Sanitasinya bisa memanfaatkan sampah. 

 

Enggak cuma workshop yang diisi berbagai pembicara, seperti Kementerian PUPR dan pengamat pendidikan. Ternyata para calon Duta Sanitasi dari seluruh Indonesia juga sempat dikasih pengalaman seru. Mereka berkesempatan untuk berkreasi membuat pernak-pernik dari sampah.

 

Ada aksi seru juga nih dari Jambore Sanitasi di Car Free Day (CFD). Gimana sih keseruan aksi dari Jambore Sanitasi itu? Baca di halaman selanjutnya.

1 2

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Managing Editor untuk cewekbanget.id. Percaya kalau cewek bisa dan boleh jadi apa aja yang dia mau, asal mau usaha dan kadang usaha ekstra! :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×