Pada 22 Juni lalu, iklan ulang tahun seleb kpop sempat dilarang untuk diterapkan pada stasiun kereta api bawah tanah, Metro Seoul. Iklan ulang tahun idol kpop ini dianggap sebagai salah satu iklan opini. Setelah melewati berbagai berbagai pemikiran, iklan ulang tahun seleb kpop kembali diperbolehkan. Berikut informasinya:
(Baca juga: Debut dan Comeback Seleb Kpop di Bulan Juli yang Wajib Kita Nantikan)
Pengertian iklan opini
Iklan opini yang berisi pesan individu atau kelompok tentang masalah gende, politik, agama, bahkan ideologi sempat menjadi kontroversi. Khususnya untuk iklan feminisme, Presiden Mon Jae In, dan Kim Jong Un yang dinilai memiliki muatan politik. Iklan opini yang bermuatan tersebut akan tetap dilarang dan diganti dengan iklan komersial.
Iklan ulang tahun
Berbeda dengan iklan opini seperti pengertian di atas, iklan ulang tahun tidak dikategorikan sebagai iklan opini. Masalah ini sudah dibahas dengan Komite Regulasi Iklan dan ucapan selamat pada idola tidak ada hubungannya dengan iklan opini.
Izin lebih lanjut
Iklan opini dan iklan ulang tahun idol kpop akan dikategorikan dalam peraturan lebih jelas. Izin dan berbagai poin lainnya juga sudah dalam proses perumusan pihak Metro Seoul.
(Baca juga: 4 Konsep Musisi Luar Negeri yang Dianggap Plagiat Seleb Kpop)
Penulis | : | Kinanti Nuke Mahardini |
Editor | : | Kinanti Nuke Mahardini |
KOMENTAR