Segudang Alasan Mengapa Milenials Harus Berikan Suara Pada Pemilu Serentak 2019!

By Istihanah, Senin, 19 November 2018 | 08:10 WIB
Pemilu Serentak 2019 (foto : istock)

Cewekbanget.id - “Aku mau milih, tapi aku masih enggak tahu apakah bisa menyoblos atau enggak. Aku kuliah di Semarang, sedangkan domisiliku di Pekanbaru. Sebenarnya sayang untuk golput, tapi aku juga belum lihat visi dan misi para calon,” - Muthia.

Dalam hitungan bulan, kita akan kembali menggelar pesta politik terbesar, yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif 2019 yang untuk pertama kalinya diadakan secara serentak.

Buat yang baru berusia 17 di tahun depan, akan menjadi pengalaman pertama ikut dalam pesta demokrasi yang diadakan setiap 5 tahun sekali itu.

Sebagai pemilih pertama, Muthia mengaku masih ragu apakah dia bisa ikut pemilu atau enggak karena sekarang ini dia lagi merantau dan jauh dari rumahnya.

Sementara itu, pemilih pemula lainnya, Zahra Reswati mengaku sudah sudah siap untuk #IkutPemilu2019 mendatang.

“Menurut aku penting berpartisipasi dalam Pemilu 2019 nanti. Karena kita harus menggunakan hak kita dengan baik dan jangan sampai disalahgunakan, satu suara sangat penting untuk kemajuan bangsa kita sendiri,” jelas Zahra.

Walaupun masih terbilang baru, Zahra mengaku enggak pengen asal untuk memanfaatkan hak pilihnya saat #IkutPemilu2019 nanti. “Menurut aku itu dari keyakinan masing-masing kita, jangan sampai kita milih cuman karena ikut-ikutan karena belum tentu yang kita ikuti memilih calon yang baik,” jelasnya.

Zahra mengaku harus tetap hati-hati agar dia enggak terprovokasi untuk menjelekkan calon lain yang enggak dia pilih.

“Kita jangan gampang terprovokasi dan terpancing atau mengatai calon yang lain dengan pemberitaan yang ada di media karena belum tentu semua pemberitaan benar,” terangnya.

Lebih lanjut Zahra menjelaskan bahwa sebagai pemilih pemula, ia harus lebih dulu mengenal lebih dekat calon yang akan dia pilih.

“Kalau aku lebih mau kenalin calonnya dulu dan menilai dari sudut pandang aku sendiri bukan orang  lain. Karena kita sendiri yang memiliki hak suara tersebut bukan orang lain,” tuturnya.

Sedangkan Muthia mengaku kalau dia sudah tahu siapa saja calon, namun masih belum paham dengan visi misi mereka. “Jujur aku memang belum lihat visi dan misi mereka. cuma tahu pemilu diadakan serentak, dan siapa saja calonnya.”