Tak Hanya Paus Sperma, ini 7 Foto Mengerikan Dampak Plastik Bagi Kehidupan

By None, Kamis, 22 November 2018 | 09:25 WIB
(National Geographic Indonesia)

Cewekbanget.id – Senin (19/11) lalu, seekor paus sperma mengejutkan perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Salah satu mamalia terbesar di lautan tersebut ditemukan terdampar tak bernyawa.

Belum diketahui pasti penyebab matinya paus ini. Namun, Saleh Hanan, aktivis dari Yayasan Lestari Alam Wakatobi, menduga penyebab kematiannya adalah akibat sampah plastik.

Dugaan tersebut merujuk pada ditemukannya sampah plastik seberat 5,6 kg di dalam perut paus sepanjang 9,6 meter tersebut.

Baca Juga : Sudah Bayar Pajak Kendaraan? Jangan Sampai Malu Karena Akan di Tempel Stiker ini Jika Belum

Sebab, tak seperti makanan atau bahkan tulang ikan sekalipun, sampah plastik tidak bisa dicerna oleh perut paus.

Tim gabungan tengah mengukur panjang bangkai paus di Perairan Wakatobi.

Kabar ini tentu menjadi pengingat kembali betapa bahayanya sampah plastik yang diproduksi lalu dibuang secara sembarangan oleh manusia.

National Geographic edisi Juni 2018 mengeluarkan tema menarik mengenai isu lingkungan, yakni kondisi laut dan lingkungan sekitar yang dipenuhi dengan plastik.

Baca Juga : Sempat Diragukan Langgeng, 5 Pasangan Selebriti ini Justru Berakhir Bahagia

Dalam sampul, terdapat gambar yang sekilas nampak seperti foto, padahal jika dilihat dengan cermat, itu adalah kantong plastik terbalik.

Koleksi foto tersebut dikreasikan oleh seniman Meksiko, Jorge Gamboa.

Foto tersebut menggambarkan kerusakan besar yang manusia lakukan terhadap planet dengan konsumsi plastik yang dilakukan setiap harinya dan masalah polusi itu telah sampai pada gunungan es abadi.