Dampak Lain Tsunami Banten: Banyak Penyu Terdampar di Daratan!

By Elizabeth Nada, Jumat, 28 Desember 2018 | 09:57 WIB
Petugas yang menolong penyu-penyu yang terdampar di daratan akibat Tsunami Banten (screenshot twitter.com/sutopo_pn)

Cewekbanget.id - Peristiwa tsunami di Selat Sunda atau dikenal dengan Tsunami Banten yang terjadi pada 22 Desember 2018 lalu masih terus meninggalkan duka ya, girls.

Bagaimana tidak, tsunami yang terjadi karena adanya fenomena langka dan tanpa peringatan gempa ini telah menelan korban yang tidak sedikit yaitu, 429 orang meninggal, 1485 orang luka-luka, dan 154 orang masih hilang. Belum lagi berbagai kerusakan yang terjadi dan menimpa warga Lampung dan juga Banten.

Selain korban jiwa dan kerusakan, ternyata ada dampak lain yang terjadi akibat tsunami Banten yang terjadi beberapa hari lalu. Dilansir dari akun Twitter resmi Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, @Sutopo_PN, diketahui bahwa tsunami Banten juga mengakibatkan cukup banyak penyu yang terdampar di daratan, girls!

Begini info dan penjelasan selengkapnya! Simak, yuk!

Baca Juga : 1 Kata yang Menggambarkan Keinginan Terpendam Tiap Zodiak! Setuju?

Merupakan jenis penyu yang terancam punah

Informasi terdamparnya para penyu di bagikan oleh Sutopo pada 25 Desember 2018. Dilansir dari Instagram BBC Indonesia, lokasi penemuan para penyu tersebut berada di daerah Beach Club, Tanjung lesung.

Penyu sisik yang terdampar akibat Tsunami di Selat Sunda

Diketahui penyu-penyu tersebut terdampar hingga ratusan meter ke daratan akibat gelombang yang begitu tinggi. Dari info yang ada, penyu-penyu tersebut termasuk dalam jenis penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang statusnya terancam punah dan dilindungi.

Sementara dilansir dari Kompas.com, diketahui 15 penyu sisik juga terdampar di sekitar pantai Ketang Kelurahan Utang, Kalianda, Lampung.