Sempat Viral, Ini 4 Kasus Body Shaming yang Terjadi di Media Sosial!

By Istihanah, Senin, 31 Desember 2018 | 10:46 WIB
Body Shaming ()

cewekbanget.ID - Pasti kita pernah dong dengar istilah body shaming? Body shaming ini maksudnya adalah melecehkan atau mengina fisik atau tubuh orang lain atau pun diri kita sendiri.

Nah, semakin aktifnya kita di medsos sebagai netizen, semakin mudah juga bagi kita untuk mengomentari penampilan fisik orang lain. Kadang tanpa pikir panjang dan jatuhnya melecehkan, menghina atau menjadikannya sebagai lelucon untuk ditertawakan.

Padahal tindakan ini sama sekali enggak benar dan enggak manusiawi, girls. Dari sekian banyak kasus body shaming di medsos ada beberapa yang gawat banget.

Yap, body shaming yang dialami orang-orang ini di medsos menjadi viral dan akhirnya justru mendatangkan banyak dukungan dan hal positif lainnya bagi mereka.

Pokoknya marah sampai terharu! Ini dia 4 kasus body shaming (melecehkan fisik seseorang) yang sempat viral di medsos.

Baca Juga : Bukan NCT Cina, Ini Nama Baru Boygrup SM Entertainment yang Akan Debut

Video 'Dear Fat People'

Seorang komedian sekaligus bintang Youtube, Nicole Arbour, membuat video berjudul Dear Fat People yang menyatakan kalau fat shaming alias menghina fisik seseorang yang gemuk itu sebenarnya cuma bikinan orang-orang bertubuh gemuk saja untuk mencari pembelaan diri akan fisik mereka.

Fat shaming itu enggak ada. Orang-orang gemuklah yang mengada-adakannya. Seperti tindakan rasis tanpa ras,” ujar Nicole.

Isinya yang kontroversial membuat video ini langsung mendapat banyak views dan banyak pula YouTubers yang membuat reaksi video terhadap video tersebut untuk menyatakan ketidaksetujuan mereka.

Di antaranya Tyler Oakley dan Grace Helbig, dua komedian terkenal di YouTube. Mereka menganggap kalau Nicole justru telah melakukan fat shaming (menghina seseorang bertubuh gemuk) dengan menghina orang-orang yang mempunyai bobot tubuh lebih dari dia.

Nicole sendiri enggak menganggap kalau videonya adalah fat shaming atau bullying. Dia cuma ingin bikin video satir sehingga orang-orang gemuk lebih mau untuk olahraga dan makan yang sehat.