Ini Perbedaan Panseksual dan Biseksual yang Perlu Kita Tahu!

By Istihanah, Rabu, 6 Februari 2019 | 20:30 WIB
Panseksual ()

Cewekbanget.ID - Mungkin selama ini kita akrab mendengar istilah LGBT atau lesbian, gay, biseksual, dan transeksual.

Menurut Harry Kurniawan, project manager ASK Rutgers WPF, sebuah LSM yang peduli terhadap isu seksualitas dan kesehatan reproduksi, dalam perkembangannya, dalam diri seseorang akan muncul rasa suka atau tertarik terhadap suatu jesni kelamin.

Ini disebut orientasi seksual, yaitu bagaimana seseorang merasa nyaman secara emosi dan seksual untuk berelasi  dengan orang lain.

Di antara berbagai macam orientasi seksual seperti heteroseksual, homoseksual, dan aseksual, ada dua jenis orientasi seksual yang sering tumpang tindih artinya, yaitu biseksual dan panseksual.

Nah, biar enggak salah kaprah, yuk kenali perbedaan panseksual dan biseksual yang perlu kita tahu!

Baca Juga : Debut Amerika, BLACKPINK Akan Hadir di ‘Good Morning America’

Beda Gender dan Jenis Kelamin

Sebelum mulai memahami perbedaan panseksual dan biseksual, ada baiknya kalau kita paham terlebih dahulu soal perbedaan antara gender dan jenis kelamin.

Jenis kelamin ditentukan dengan alat kelamin yang kita miliki sejak lahir. Jika terlahir dengan vagina maka kita adalah perempuan, begitu pun sebaliknya jika seseorang terlahir dengan penis, maka dia adalah laki-laki.

Sementara gender adalah peran sosial dan identitas seseorang dalam msyarakat, mungkin saja terlepas dari jenis kelamin yang dia miliki.

Misalnya seseorang yang lahir dengan penis, tapi merasa dirinya adalah perempuan, bisa jadi memiliki gender transpuan (trasgender-perempuan).

Atau seseorang yang lahir dengan vagina, tapi tidak merasa bahwa dirinya perempuan atau laki-laki, bisa jadi merupakan seorang agender.