Terungkap, Ini Penyebab Napas Tak Sedap Saat Bangun Tidur! Sudah Tahu?

By Istihanah, Kamis, 4 April 2019 | 20:45 WIB
Napas tak Sedap ()

Cewekbanget.ID - Ketika bangun tidur, rasanya napas enggak enak banget alias bau. Atau sering dikenal dengan istilah bau naga.

Yuk cari tahu penyebab napas bau naga setelah bangun tidur ini.

Produksi Air Liur Berkurang 

Perlu diketahui bahwa sebagian besar napas bau saat pagi hari terjadi karena produksi air liur saat tidur berkurang, kata Mazen Natour, D.M.D., seorang prostodontis yang tinggal di Manhattan, New York.

Baca Juga : Rangkaian Skincare Buat Kulit Berjerawat yang Mudah Kita Dapatkan di Drugstore

Air liur berfungsi membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Ketika produksi air liur bekurang, maka bakteri penyebab bau mulut cepat berlipat ganda.

Jadi, semakin kering mulut, makin tinggi kesempatan memiliki bau naga di pagi hari.

Bernapas melalui mulut, mendengkur, dan menggunakan obat tertentu juga dapat menyebabkan kekeringan—sehingga membuat napas pagi menjadi lebih buruk.

Tanda yang Harus Diperhatikan 

Dalam kebanyakan kasus, bau naga tidak perlu dikhawatirkan. Namun ada kondisi tertentu di mana bau mulut yang luar biasa bisa mengindikasikan masalah kesehatan. Kondisi ini pertanda penyakit infeksi gusi, yang terkait dengan penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga : Rekomendasi Sling Bag Lucu untuk Hangout yang Bisa Kita Dapatkan di Gramedia Store Kelapa Gading!

Di sisi lain, bau mulut yang memburuk mengindikasikan adanya infeksi seperti abses atau masalah gastrointestinal seperti GERD, kata Natour. Konsultasikan dengan dokter jika napas tiba-tiba berbau busuk lebih dari biasanya.