Di Jakarta Utara, Sampah Bisa Ditukar Jadi Emas! Bagaimana Caranya?

By Istihanah, Jumat, 5 April 2019 | 21:15 WIB
Sampah (foto : unsplash)

Cewekbanget.ID – Kalau kita sering membuang sampah plastik sembarangan, sebaiknya jangan dilakukan di wilayah ini.

Pasalnya, sampah botol plastik dan kaca dapat ditukar menjadi emas atau uang tunai, caranya gimana?

Dilansir dari Kompas.com di RW 03, kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara memiliki Bank Sampah Wijaya Kusuma yang melakukan pengumpulan sampah untuk dijadikan investasi emas setiap seminggu sekali.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Bank Sampah Wijaya Kusuma, Novi Sfian Kartini di Jakarta pada Jumat (5/4/2019).

"Pengumpulannya tiap hari Selasa. Nanti ada pihak pegadaian yang juga ikut menimbang dan menentukan harga sampah tersebut," ujar Novi.

Baca Juga : Ternyata Ini Asal Usul Bunyi ‘Kretek’ Pada Jari-jari Usai Dipijat!

Novi menuturkan bahwa hanya sampah anorganik yang dapat ditukarkan. Karena di wilayah tersebut banyak sekali sampah jenis botol plastik atau botol kaca.

Biasanya warga RW 03 akan mengumpulan terlebih dahulu sampah anorganik yang sudah dibersihkan di rumah.

Kemudian mereka datang membawa kumpulan sampah tersebut untuk ditimbang dan dihitung harganya.

"Memang warga sini mayoritas sampahnya dua jenis itu. Nah nanti ditimbang, lalu keluar harganya. Warga bisa milih, mau ditukar uang, atau investasi emas," papar Novi.

Novi mengatakan, Bank Sampah Wijaya Kusuma sudah berdiri sejak tahun lalu. Namun untuk program sampah jadi emas, baru berjalan satu bulan.

"Kalau nasabah bank sampah total ada 56 orang ya. Tapi khusus yang mengikuti program sampah jadi emas, baru jalan sebulan sudah ada 30 orang," jelasnya.