Jangan Diabaikan! Berdarah Saat Sikat Gigi Bisa Timbulkan Penyakit Ini

By Istihanah, Jumat, 12 April 2019 | 14:30 WIB
Sikat Gigi ()

Cewekbanget.ID – Kita pasti pernah mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi dan sering kita abaikan.

Padahal, gusi berdarah saat menyikat gigi merrupakan tanda adanya masalah serius dengan mulut kita.

Dilansir dari Kompas.com, gusi berdarah saat menyikat gigi merupakan salah satu tanda adanya radang gusi atau gingivitis.

Ahli Prostodonsia, drg Andy Wirahadikusumah Sp.Pros juga mengungkap bahwa radang gusi yang dibiarkan nantinya dapat menjadi masalah serius dan gigi kita akan tanggal.

Baca Juga : Bimbing Adik Setelah Jadi Muallaf, Ayana Moon Merasa Tertekan?

Sementara itu, radang gusi sendiri memiliki tingkatan. Mulai dari ringan ke berat. Jika kamu menyikat gigi dan mendapati sedikit darah, artinya peradangan yang dialami masih ringan.

Meski begitu, peradangan menandakan adanya tumpukan bakteri di area gigi dan kondisi pembuluh darahnya cenderung lebih tipis.

"Jadi kena sentuhan ringan saja pecah pembuluh darahnya dan ada darah keluar. Itu sudah indikator," tuturnya.

Baca Juga : 5 Lagu Westlife yang Masih Cocok untuk Anak Milenial yang Sedang Jatub Cinta!

Penyebab paling umum radang gusi sebetulnya datang dari buruknya kondisi kebersihan mulut. Itulah mengapa penting untuk mengecek kondisi kesehatan mulut secara rutin di dokter gigi.

"Kadang kita menganggap gigi kita sehat padahal mungkin kalau dicek setiap enam bulan sekali ada saja. Misal, makanan nyelip di bagian tertentu yang tidak terlihat atau lubang," tuturnya.

Ketika radang gusi terlanjur sudah terjadi, segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi gigi sekaligus membersihkan karang gigi. Setelah itu, praktikkan menyikat gigi yang baik dan benar.