Mudah Dijumpai di Indonesia & Punya Harga Fantastis, Ini 9 Manfaat Buah Kersen Bagi Tubuh!

By Elizabeth Nada, Selasa, 11 Juni 2019 | 11:18 WIB
Yuk, cari tahu segudang manfaat buah Kersen bagi tubuh! (Creative Commons)

Cewekbanget.id - Girls, masih cukup asing dengan nama buah yang satu ini? Buah yang dikenal dengan nama Kersen ini memiliki banyak sebutan yang beragam di tiap daerah di Indonesia. Seperti di Sunda yang disebut Ceri, di Jawa dikenal dengan nama Talok atau di Madura yang dikenal dengan sebutan Baleci atau Beleci.

 

Buah kersen atau yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura L ini terbilang mudah ditemukan di Indonesia, lho! Meskipun begitu, ternyata buah ini berasal dari kawasan Amerika Tropis tepatnya Meksiko Selan, Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, Peru, dan Bolivia.

Baca Juga: Kece Maksimal! Adik Atta Halilintar, Sohwa Halilintar Punya 5 Gaya Modis dengan Outfit Plaid

Terbilang mudah dijumpai soalnya, pohon kersen kerap ditemui di pinggir jalan, girls. Makanya, dulu pohon ini kerap kali diabaikan atau dianggap remeh. Tapi siapa sangka, kini buah kersen punya harga yang fantastis, lho! 

Buah kecil bercita rasa manis bernilai cukup mahal. Dilansir dari Grid.id, dilihat dari laman jual-beli online, buah kersen dijual dengan harga Rp 40.000 per 100 gram atau sekitar Rp 400.000 per kilo. Wow!

Mudah dijumpai dan punya harga yang fantastis, pohon kersen, terlebih buahnya, punya segudang manfaat buat tubuh, lho!

Baca Juga: 3 Pelembap Gel Lokal yang Bagus Untuk Mengontrol Kulit Berminyak!

Dilansir dari Grid.id, Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates”tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah talok.

Fyi, manfaat buah kersen yang cukup terkenal adalah dapat sembuhkan diabetes militus hingga mengobati penyakit jantung. Namun selain itu, masih banyak manfaat buah kersen bagi tubuh yang jarang kita ketahui. Penasaran?

Dari segudang manfaat yang ada, ini dia 9 manfaat pohon kersen khususnya buah kersen bagi tubuh :