10 Tanda pada Kaki Ini Bisa Menunjukkan Kita Menderita Penyakit Serius. Salah Satunya Bisul!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Kamis, 13 Juni 2019 | 14:25 WIB
Kaki (leaf.tv)

CewekBanget.ID - Kita bisa mengetahui kondisi kesehatan melalui tanda-tanda yang ditunjukkan pada tubuh, salah satunya lewat kaki.

Ada beberapa hal pada kaki yang justru bisa menunjukkan apakah kita sehat atau menderita penyakit serius.

Yuk, coba cek kaki kita sejenak! Jangan dianggap sepele karena ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau sebenarnya kita lagi mengidap penyakit tertentu!

Salah satunya kaki kering hingga garis merah di bawah kuku!

Baca Juga: 3 Zodiak Cewek Ini Paling Susah Membuka Hati Lagi Setelah Putus Cinta. Kamu Termasuk?

1. Kaki kering dan bersisik

Kondisi kaki ini bisa menunjukkan masalah tiroid, apalagi jika pelembap bahkan enggak bisa membantu kaki kita lebih baik.

Ketika kelenjar tiroid (kelenjar berbentuk kupu-kupu di pangkal leher) bergerak ke atas, enggak menghasilkan hormon tiroid, yang mengontrol laju metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan pengembangan sistem kerangka dan saraf.

Masalah tiroid menyebabkan kekeringan parah pada kulit, jelas Marlene Reid, DPM, spesialis kaki di Naperville Illinois, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Kalau kita mengalami hal ini disarankan untuk segera periksa ke dokter untuk memastikan tiroid kita baik-baik aja.

2. Jari kaki botak

Hal ini bisa jadi berhubungan sama penyakit arteri. Jika bulu pada jari-jari kaki tiba-tiba menghilang, itu bisa menandakan sirkulasi darah buruk yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer (PAD).

Penyakit ini dapat mencakup penurunan pertumbuhan rambut di kaki dan pergelangan kaki, jari kaki keunguan, dan kulit tipis atau mengkilap, jelas Suzanne Fuchs, DPM, seorang ahli bedah podiatrik di North Shore University Hospital di New York.

3. Bisul di kaki yang enggak kunjung sembuh

Bisul pada kaki biasa dikaitkan dengan diabetes. Kadar glukosa yang enggak terkontrol dapat merusak saraf dan menyebabkan sirkulasi yang buruk, sehingga darah enggak mencapai kaki.