Good Pitch Indonesia 2019: Buat Perubahan Sosial Lewat Film Dokumenter

By Marcella Oktania, Senin, 26 Agustus 2019 | 20:35 WIB
Good Pitch Indonesia 2019 (In-Docs Indonesia )

CewekBanget.ID - Sebagai cewek milenial, jangan cuma nonton film aksi ataupun komedi aja, dong. Kita juga harus mau nonton film-film dokumenter, apalagi film dokumenter Indonesia yang bisa berdampak sosial, nih. Salah satunya adalah film dokumenter pilihan Good Pitch Indonesia.

Good Pitch adalah program mentoring dan acara live crowdsourcing perbantuan untuk para pembuat film dokumenter terpilih, baik dalam bentuk dana, narasumber, atau apapun.

Setelah sebelumnya sukses dengan Good Pitch Asia Tenggara di tahun 2017, kali ini In-Docs yang bekerja sama dengan Bekraf dan mitra lainnya bakalan menggelar Good Pitch Indonesia di tanggal 5 September 2019 di Js Luwansa Balllroom.

Nantinya bakalan ada 5 film dokumenter ini bakalan diproduksi supaya bisa memberikan dampak sosial yang diharapkan.

Baca Juga: Hebat! Dibandingkan Cowok, Cewek Jauh Lebih Jago dalam 5 Hal Ini!

5 film dokumenter yang dipilih Good Pitch Indonesia

Kelima film yang sudah dipilih oleh Good Pitch Indonesia ini melalui proses seleksi ketat, lho. Dari 80 tim yang mengajukan temanya kepada Good Pitch Indonesia yang dimulai sejak Desember 2018 lalu, cuma ada 5 film dokumenter yang dipilih di tahun 2019.

Dari 80 karya tersebut, tim Good Pitch Indonesia menyeleksinya lewat track record pembuat film dokumenter, proposal tertulis yang mendalam, dan trailer dokumenter. Hasilnya, 5 film dokumenter tersebut dipilih pada Februari 2019 yang lalu.

Ada pula proses mentoring yang dilakukan oleh tim Good Pitch Indonesia kepada 5 peserta terpilih pada bulan Maret 2019 lalu yang bertujuan agar film dokumenternya benar-benar bisa dirilis dengan sedikit hambatan.

Nah, kelima film dokumenter ini juga punya tema yang berbeda-beda mengenai isu sosial masyarakat sekarang.

Ada film 'Pesantren' yang bakalan memberitahu orang awam soal teknik pengajaran di pesantren yang selama ini bikin penasaran. Film ini juga bakalan ngomongin soal toleransi umat beragama, lho.

Ada pula film 'Bara' soal perjuangan bapak Iber Djamal yang mati-matian ingin menjaga hutan hujab Kalimantan yang makin lama makin habis karena kepentingan perusahaan tertentu.

Baca Juga: 10 Foto Manipulasi yang Terlihat Nyata. Enggak Logis Banget!