Kerap Dialami Remaja, Ini 5 Jenis Eating Disorder yang Perlu Diketahui!

By Elizabeth Nada, Selasa, 5 November 2019 | 13:30 WIB
Ilustrasi makan (foto: dramabeans.com)

Cewekbanget.id - Istilah eating disorder pasti sudah enggak asing lagi kan, girlsEating disorder atau gangguan pola makan ini mengakibatkan gangguan kesehatan pada tubuh si penderita, lho. 

Salah satu penyebab seseorang bisa terkena gangguan makan adalah karena seseorang berusaha memenuhi stereotipe tertentu, misalnya tentang badan ideal atau standar kecantikan yang harus berbadan langsing dan tinggi, yang berkembang di masyarakat.

Awalnya hanya ingin diet justru berubah jadi gangguan makan serius yang mempengaruhi kesehatan.

Terbilang sering dialami oleh para remaja, nyatanya gangguan makan ini juga bisa dialami oleh perempuan atau laki-laki dari segala umur, baik dewasa maupun muda.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, 5 Oktober 2019. Leo Jenuh & Butuh Me Time!

Yang juga perlu diperhatikan, menurut Dana Harron, PsyD, psikolog klinik di Washington DC, kebanyakan orang yang mengalami eating disorder justru enggak terlihat seperti mengalami gangguan makan!

Makan

Justru kita harus lebih memperhatikan gejala yang enggak terlalu terlihat, seperti gelisah saat makan, menggunakan baju yang longgar-longgar, dan selalu ke kamar mandi setelah selesai makan.

Enggak bisa dianggap sepele, eating disorder bisa mengakibatkan dehidrasi, anemia, pingsan, gangguan jantung, gangguan gastritis.