Cuma Cewek yang Bisa Lakukan Chair Challenge? Ini Alasan Ilmiahnya!

By Marcella Oktania, Selasa, 17 Desember 2019 | 19:30 WIB
Chair challenge (buzz.ie)

CewekBanget.ID - Belakangan ini, chair challenge lagi booming banget di internet, khususnya di aplikasi TikTok.

Pada dasarnya, chair challenge adalah tantangan ketika kita berdiri melihat tembok dan mundur sekitar 3 langkah. Setelah itu kita membungkuk hingga 90 derajat dan mengangkat kursi hingga membuat kita kembali berdiri tegak.

Simpel kan?

Baca Juga: Deretan Foto Seleb Indo dan Luar yang Ikuti #agechallenge di Sosial Media. Masih Bisa Ngenalin Mereka?

Namun nyatanya, banyak banget cowok yang enggak bisa melakukannya dan rata-rata hanya cewek yang berhasil melakukannya.

 Walaupun cowok tersebut punya tubuh yang atletis sekalipun, mereka enggak bisa melakukan chair challenge ini, lho!

Jadi apa yang sebenarnya terjadi?

Berdasarkan penjelasan dari ilmuwan bernama Jeremy Johnson, dia menjelaskan bahwa massa tubuh cewek itu ada pada pinggul bagian bawah, sedangkan massa tubuh cowok biasanya terpusat lebih pada tubuh bagian atas.

Baca Juga: 5 Potret Artis & Anak Asuhnya, Bukti Cinta Keluarga Enggak Harus Sedarah

Jadi saat melakukan chair challenge dan harus membungkuk, karena massa tubuh cewek ada di pinggul bagian bawah, kita jadi lebih mudah berdiri, deh.

Karena cowok punya massa tubuh di bagian atas tubuhnya, akhirnya massa tubuhnya dipusatkan seluruhnya ke kursi yang diangkat, sehingga kursi menjadi jauh lebih berat!

Pandangan lain, yaitu dari Professor Brian Ford asal Cambridge University mengatakan bahwa cowok rata-rata punya kaki yang lebih besar daripada cewek, sehingga langkah yang diambil menjadi lebih besar dan jarak antara tubuh dan tembok menjadi lebih jauh.

Menurut Professor Brian Ford, jarak yang jauh ini (walaupun hanya sedikit) sangat memengaruhi postur tubuh cowok, sehingga tubuh cowok secara otomatis bakalan lebih mudah membungkuk.