Karena Corona, Kenali Gangguan Psikosomatik yang Serang Banyak Orang!

By Marcella Oktania, Kamis, 26 Maret 2020 | 11:20 WIB
Ilustrasi stress (foto : psychologytoday.com)

CewekBanget.ID - Karena virus Corona yang sudah masuk Indonesia dan penyebarannya yang makin masif, akhirnya banyak orang yang jadi takut dan panik.

Bahkan, ada yang tiba-tiba merasa batuk, pilek, dan sesak napas, lalu segera cek ke dokter karena takut kena virus Corona.

Namun tahukah kamu, bisa jadi batuk, pilek, dan sesak napas yang kita rasakan ternyata bisa jadi karena kita kena gangguan mental psikomatik?

Baca Juga: Terjadi di Italia, Ini yang Mungkin Terjadi 10 Hari ke Depan Kalau Masih Sepelekan Corona

Arti gangguan psikomatik

Berdasarkan yang dikutip dari Very Well Mind, gangguan psikomatik sendiri adalah gangguan kesehatan fisik yang muncul karena pikiran dan emosi, bukan berasal dari infeksi atau luka apapun.

Gangguan psikomatik sendiri bisa terjadi karena stres berat, yang akhirnya membuat sistem imun jadi melemah dan membuat kita jadi sakit.

Dengan kata lain, ketika kita memikirkan virus Corona secara berlebihan dan takut berlebih terinfeksi, bisa jadi kita kena gangguan psikomatik ketika merasa gejala virus Corona.

Baca Juga: Upaya #HadapiCorona, Ini 5 Barang yang Harus Rajin Dibersihkan Karena Sering Kita Pegang!

Kenapa gangguan psikomatik berbahaya?

Ketika kita terkena gangguan psikomatik yang membuat kita terkena gejala virus Corona, kita pasti bakalan merasa panik dan segera memeriksakan diri ke dokter.

Masalahnya, situasi terkini di rumah sakit sudah sangat penuh dengan banyaknya orang yang positif Corona, dalam pengawasan, dan orang-orang dengan gangguan psikomatik lainnya.

Selain kita bikin pihak rumah sakit makin sibuk, kita juga bisa makin berpeluang terkena virus Corona, lho!