Heboh Teori Herd Immunity Buat #HadapiCorona Apakah Sebuah Konspirasi?

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 30 Maret 2020 | 16:10 WIB
Virus corona (Kompas.com)

CewekBanget.ID - Istilah 'herd immunity' sempat ramai dibicarakan sejak minggu lalu dan naik menjadi tren pencarian di Google pada Senin (23/3/2020).

Hal itu berkaitan dengan ujaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengenai herd immunity (kekebalan kelompok), sebuah teori yang konon dapat memecahkan masalah penyebaran pandemi corona (COVID-19) di Indonesia.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Herd Immunity dan bagaimana penjelasannya menurut para ahli?

Baca Juga: 5 Langkah yang Harus Dilakukan untuk #HadapiCorona, Biar Virus Enggak Masuk ke Dalam Rumah!

Herd Immunity

Ilustrasi Virus

Herd immunity (kekebalan kelompok atau komunitas) menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) adalah keadaan di mana sebagian besar masyarakat terlindungi atau kebal terhadap penularan penyakit tertentu.

Menurut teori, kekebalan tersebut bisa muncul dengan cara membiarkan virus terus menyebar sehingga membuat banyak orang terinfeksi.

Kalau mereka sembuh, wabah akan hilang dengan sendirinya karena orang-orang telah kebal terhadap virus tersebut dan virus enggak bakal menemukan inang untuk tetap hidup dan berkembang.

Sementara itu, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) seperti dilansir dari Healthherd immunity merupakan situasi ketika semakin banyak masyarakat dalam suatu lingkungan sosial yang memiliki tingkat kekebalan tinggi terhadap penyakit menular sehingga dapat menghambat dan memutus proses penyebaran virus dari orang.

Baca Juga: #HadapiCorona, Jangan Lupa Rutin Bersihkan Handphone dengan 3 Cara Ini

Cara Menciptakan Herd Immunity