Hati-hati! Ini 3 Hal Pembawa Virus Corona yang Ada dalam Rumah!

By None, Senin, 6 April 2020 | 17:40 WIB
Ilustrasi virus corona (PIXABAY/GERALT)

CewekBanget.ID - Penyebaran virus Corona di Indonesia memang sangat masif, khususnya di Jakarta.

Bahkan per tanggal (5/4), pasien positif virus Corona di Indonesia sudah ada 2.273, dengan 1.124 pasien berasal dari Jakarta.

Enggak heran kalau sekarang pemerintah menghimbau masyarakatnya buat tetap di rumah aja dan melakukan physical distancing.

Baca Juga: Tips Agar Wajah Enggak Jerawatan dan Terhindar dari Corona. Ikutin, Yuk!

Namun walaupun cuma di rumah aja, nyatanya 3 hal ini bisa jadi pembawa virus Corona, lho!

Dilansir dari Tribunnews Solo, dalam konferensi pers yang ditayangkan BNPD Indonesia, dr. Pumawan menyampaikan tiga hal yang jadi pembawa virus Corona di rumah kita.

Barang dan hal tersebut adalah barang yang kita terima secara online, uang cash, dan anggota keluarga lainnya.

Untuk itu, menurut Aliansi Telemdis Indonesia, kita bisa melakukan physical distancing dengan menjaga jarak aman 1-2 meter dengan anggota keluarga yang berada di rumah, ikuti etika batuk bersin dengan menggunakan lengan bagian dalam atau menggunakan tisu, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan lebih produktif selama di rumah.

dr. Pumawan juga menambahkan bahwa kita sebaiknya bisa dengan jelas membedakan gejala virus Corona dan gejala batuk pilek biasa.

"Kalau batuk pilek ada pileknya, atau flu banyak pileknya kalau Covid-19 lebih banyak batuknya dan lebih jarang pilek," katanya.

Baca Juga: Sabun atau Hand Sanitizer, Mana Lebih Efektif Bunuh Virus Corona?

Menurut NHS dan WHO, gejala paling umum yang muncul pada penderita virus Corona adalah batuk, sesak napas, dan demam mencapai 38 derajat celcius.

Ada pula beberapa pasien yang menderita sakit dan nyeri hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, dan diare. Namun gejala ini biasanya terjadi bertahap.