Amankah Terima Makanan dari Ojek Online? Ini Jawabannya Menurut Ahli!

By Marcella Oktania, Rabu, 13 Mei 2020 | 18:20 WIB
Ilustrasi makanan delivery (thewirecutter.com)

CewekBanget.ID - Karena virus Corona, kehidupan kita jadi berubah drastis.

Salah satunya adalah karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang menjadikan kita harus di rumah aja terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran virus Corona makin masif.

Namun, kita juga jadi takut untuk menerima makanan yang diantar atau delivery dari ojek online, karena takut bisa kena virus Corona.

Baca Juga: #HadapiCorona, Percuma Cuci Tangan Kalau Lakukan 7 Kesalahan Ini!

Memangnya, makanan yang kita terima dari pengantar makanan bisa sebarkan virus Corona?

Dikutip dari Grid Health, menurut dokter gizi Rumah Sakit PELNI, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, memesan makanan lewat ojek online itu aman kok, selama kita tetap menjaga kebersihan dan kontak dengan pengantar makanan.

Dengan kata lain, jaga jarak dan batasi sentuhan dengan ojek online, pindahkan makanan ke piring, buang wadah makanan delivery, dan cuci tangan hingga bersih.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang ahli kuman, Jason Tetro, seperti yang dikutip dari Reader's Digest.

Tetro menjelaskan kalau menerima makanan dari ojek online itu aman.

Pertama, dari kemasannya, memang virus Corona bisa bertahan selama 2-3 hari pada plastik. Namun akan jadi baik-baik aja kalau kita segera memindahkan makanan dari wadah plastik tersebut dan membuang plastiknya.

Untuk makanannya sendiri, selama makanan tersebut telah dipanaskan dengan suhu di atas 65 derajat celcius, semua virus bakalan mati kok.

Baca Juga: Perlukah Pakai Sarung Tangan Untuk Cegah Corona? Ini Jawaban Ahli!

Kalaupun makanan tersebut enggak sengaja dibatuki oleh pasien yang mengidap virus Corona, virus tersebut bisa langsung mati ketika menyentuh panas. Jadi, jangan lupa untuk memanaskan kembali makanan yang kita terima dari ojek online biar memastikan enggak ada virus Corona yang menjangkit kita.