Kabar Baik! Pasien Corona Tak Lagi Bisa Sebarkan Virus Setelah 11 Hari

By Marcella Oktania, Rabu, 27 Mei 2020 | 16:05 WIB
Ilustrasi ruang isolasi virus Corona (Xinhua/Xiao Yijiu)

CewekBanget.ID - Kabar baik buat Indonesia dan dunia!

Baru-baru ini ada penelitian dari para ilmuwan asal Singapura yang menyatakan bahwa pasien virus Corona sudah enggak bakalan bisa lagi menyebarkan virus kepada orang lain setelah 11 hari, walaupun masih dinyatakan positif virus Corona, lho!

Dalam laporan penelitian bersama antara Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura dan Akademi Kedokteran, dikatakan bahwa hasil positif virus Corona bukan berarti masih tetap bisa menginfeksi atau hidup.

Baca Juga: #HadapiCorona, Warga Asing yang Masuk Malaysia Harus Bayar Biaya Karantina 500 Ribu per Hari!

Dikutip dari NY Post, penelitian ini melibatkan 73 pasien positif Corona dengan cara melihat dan mengukur apakah virus masih tetap hidup dan bisa menginfeksi orang lain.

Lebih lanjut, hasil penelitian tersebut menemukan bahwa COVID-19 bisa ditularkan oleh individu positif Corona mulai dari 2 hari sebelum gejala  hingga 7-10 hari gejala muncul.

Setelah 11 hari, pasien mungkin masih mendapatkan hasil positif Corona. Namun sebenarnya hasil tes tersebut cuma mengambil serpihan virus yang sudah enggak bisa menyebarkan infeksi lagi ke orang lain, kok!

Walaupun sampelnya sedikit, yaitu hanya 73 orang, tapi perwakilan peneliti asal Pusat Penyakit Menular Nasional Singapura, Leo Yee Sin sangat percaya diri kalau penelitian ini nantinya bakalan direplika dengan sampel yang jauh lebih banyak, sehingga bisa memberikan kepercayaan yang lebih baik.

Baca Juga: #HadapiCorona, Kasus Virus Corona Diprediksi Melonjak Usai Lebaran!

Leo Yee Sin sendiri bahkan sudah sangat percaya diri kalau penelitiannya yang cuma melibatkan 73 sampel ini sudah cukup bisa mewakili pernyataan bahwa pasien positif Corona yang sudah melalui 11 hari terinfeksi enggak bakalan lagi menularkan virus.

Gimana menurutmu soal penelitian baru yang jadi kabar baik buat dunia ini, girls?

Walaupun begitu, akan lebih baik kalau kita tetap lakukan physical distancing dan PSBB sesuai anjuran pemerintah biar penyebaran virus Corona enggak makin parah, nih!

(*)

Baca Juga: Jabat Tangan Saat Bayar Zakat Fitrah di Tengah Pandemi Corona, Apa Boleh?