Cari Tahu Apa Arti Sebenarnya Zona Hitam di Surabaya! Bahayakah?

By None, Rabu, 3 Juni 2020 | 21:05 WIB
Bukan Zona Merah Covid-19, Status Surabaya Meningkat Jadi Zona Hitam, Doni Monardo Justru Ungkap Peningkatan Kasus Gegara Kerja Keras Pemkot (Tangkapan layar Kompas TV)

CewekBanget.ID - Kalau kita lihat peta sebaran COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur, kita bakalan melihat petanya berwarna hitam, lho!

Dikutip dari Kompas.com, pantauan lewat infocovid19.jatimprov.go.id pada Rabu (3/6) di wilayah Surabaya masih tetap terlihat berwarna hitam.

Lalu, apakah arti zona hitam tersebut?

Baca Juga: Kabar Baik! Pasien Corona Tak Lagi Bisa Sebarkan Virus Setelah 11 Hari

Hanya ada 4 warna zona

Sebenarnya cuma ada 4 warna zona pembagian warna kondisi Corona.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, sebenarnya warna zona hitam pada daerah Surabaya itu adalah warna merah pekat.

Ini karena warna zona hanya ada 4, yaitu merah (risiko tinggi), oranye (risiko sedang), kuning (risiko rendah), dan hijau (bebas risiko).

Dengan kata lain, karena sudah berwarna merah pekat, tandanya wilayah Surabaya benar-benar kritis dan wajib diwaspadai, nih.

Menurut Epidemiolog dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, kondisi hitam bisa memiliki arti darurat.

"Sudah lebih dari zona bahaya yakni merah. Artinya penambahan kasusnya sudah tinggi, lebih dari 2.000-an biasanya," kata Dicky dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/6).

Kalau dibiarkan, menurut Dicky, bukan enggak mungkin situasi di Surabaya bakalan jadi chaos dalam 2-3 minggu ke depan, lho! 

Baca Juga: Canggih! Ini Manfaat KTP New Normal atau KIRAB di Era Hidup Baru!